Warung kopi Pak Aji di Banda Aceh merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan dengan lomba minum kopi bagi pelanggannya.

Penyelenggara kegiatan, Aan Risnanda Fahlevi di Banda Aceh, Rabu mengatakan lomba minum kopi tersebut dipilih karena kopi merupakan bagian yang tidak terpisahkan bagi masyarakat Aceh.

"Berbicara orang Aceh, identitas kopinya cukup kuat dan saat ini di daerah kita juga sedang marak lomba minum kopi," katanya.

Aan menjelaskan dalam lomba minum kopi para peserta diadu kecepatan menghabiskan tiga gelas kopi berjenis robusta yang tingkat keasamannya lebih kecil.

"Peserta yang menang dipilih berdasarkan kecepatan menghabiskan tiga gelas kopi tanpa menyisakan setetes pun," 

Kopi robusta ini dipilih karena aman diminum dalam jumlah banyak serta tidak menimbulkan efek samping yang dapat mengganggu kesehatan peserta.

"Kita tidak ingin menyengsarakan peserta, kopi yang kita lombakan ini robusta yang terkenal soft," katanya.

Meskipun begitu, pihaknya juga menciptakan kerumitan dalam lomba minum kopi ini dengan mempertahankan prinsip menjaga kesehatan peserta. 

"Kerumitan yang kita berikan tidak memberikan mudharat, setiap peserta cuma perlu menghabiskan tiga gelas kopi, bukan seberapa banyak gelas kopi yang diminum," katanya.

Aan menambahkan lomba minum kopi ini diikuti oleh 56 orang peserta yang terdiri dari perempuan dan laki-laki.

"Rata-rata ini adalah teman-teman pelanggan warung kopi kita yang di Lamlagang, daerah Banda Aceh lainnya, dan pencinta kopi," katanya. 

Para pemenang lomba minum kopi ini akan memperoleh total hadiah 10 juta serta hadiah kejutan lainnya.

Di sela-sela lomba, penyelenggara juga membagikan hadiah kejutan gratis minum kopi di warkop Pak Aji selama sebulan bagi penonton yang mampu menjawab soal tentang warkop serta pengetahuan seputar kemerdekaan

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022