Sabang (ANTARA Aceh) - Sedikitnya 130 unit mobil rental di Kota Sabang habis tersewakan, karena dimanfaatkan wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Weh itu pada libur panjang (5-8 Mei 2016).

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Sabang T Ari Afriansyah di Sabang, Minggu mengatakan, Pulau Weh terkenal dengan keindahan pesona bahari, sehingga setiap libur panjang dan akhir pekan banyak wisatawan memanfaatkan jasa mobil rental.

"Mobil rental yang berplat kuning jumlahnya hanya sekitar 50 unit dan mobil rental biasa sebanyak 80 unit habis diorder wisatawan selama libur panjang ini," kata Afriansyah yang biasa disapa Ponbit.

Menurutnya, hari-hari biasa mobil berplat kuning mampu menghendel kunjungan wisatawan ke Sabang, namun jika libur panjang dan akhir pekan mobil plat kuning tersebut tidak mencukupi di Pulau Weh.

"Jika mobil rental habis tersewakan, masyarakat biasa menyewakan mobil pribadinya untuk para wisatawan yang berkunjung ke Sabang," ujarnya.

Kemudian dia juga mengatakan, mobil rental disewakan dengan harga Rp500.000 per hari (satu kali 24 jam) dan itu sudah termasuk minyak plus supir.

"Supir tidak hanya menyetir, tapi include dengan tour guide. Sepanjang jalan yang dilalui driver-driver tersebut menjelaskan setiap objek wisata yang dilalui," tuturnya.

Dia menambahkan, para driver atau supir tersebut sudah dibekali sadar wisatawa oleh Pemerintah Kota Sabang melalui pelatihan maupun seminar-seminar.

Pewarta: Pewarta : Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016