Kabupaten Aceh Tengah menjadi juara umum pada perhelatan Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI yang digelar di kabupaten itu.

Kepala Bidang Olahraga Dispora Aceh Tengah Majid, Senin, mengatakan Aceh Tengah meraih sebanyak 8 medali emas, kemudian disusul Kabupaten Bener Meriah pada urutan kedua dengan 5 medali emas, dan Kabupaten Gayo Lues dengan perolehan 2 medali emas.

"Even ini diikuti oleh tujuh kabupaten kota se Aceh dengan melibatkan 246 kuda pacu yang ikut berlaga," kata Majid.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar secara resmi menutup even tahunan tersebut di Lapangan HM Hasan Gayo, Belang Bebangka, Pegasing, Minggu (28/8).

Dalam sambutannya Shabela menyampaikan pacuan kuda tradisional Gayo merupakan bagian dari tradisi budaya masyarakat di daerah itu yang telah ada sejak lama.

Kini kata dia pesta rakyat tersebut telah menjadi daya tarik tersendiri dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan datang ke Aceh Tengah.

"Karena itu kualitas pelaksanaannya harus dapat lebih baik, agar Kabupaten Aceh Tengah dapat menjadi daerah wisata unggulan yang semakin diminati," kata Shabela Abubakar.

Lanjutnya pelaksanaan even budaya ini  juga sudah terbukti dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Shabela berharap perekonomian masyarakat dapat terus bangkit pasca didera pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan dengan digelarnya even ini gairah wisata dan perekonomian masyarakat di kabupaten Aceh Tengah dapat kembali bangkit," katanya.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022