Meulaboh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh berharap duta wisata menjadi alternatif dalam mempromosikan kearifan lokal serta objek wisata agar dikenal masyarakat luas.

Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah di Meulaboh, Jumat, mengatakan, perlombaan duta wisata sudah menjadi agenda tahunan pemerintah daerah untuk memilih putra-putri terbaik yang berperan sebagai pelopor memperkenalkan berbagai objek wisata dan kearifan lokal.

"Mudah-mudahan hasil yang telah diperoleh benar-benar berkualitas sesuai dengan yang kita harapkan. Duta wisata mengemban tugas penting dalam melanjutkan perlombaan ketingkat provinsi maupun nasional," katanya saat penutupan pemilihan duta wisata Aceh Barat 2016 di Gedung PKK.

Pada malam penobatan Teuku Agus Muharis dan Winda Sebrina sebagai duta wisata Aceh Barat 2016, Alaidinsyah berpesan agar keduanya menjaga nama baik daerah dalam mengikuti ivent pemilihan duta wisata selanjutnya.

Dirinya yakin dan percaya, duta wisata yang terpilih, sudah melewati berbagai tahapan dan penilaian dari dewan juri secara selektif, kemampuan dan bakat sudah tidak diragukan lagi, terutama dalam interaksi dan seni.

Sebutnya, kegiatan lomba tersebut jangan hanya sebagai ajang pertandingan, tetapi lebih kepada mengasah potensi dan bakat serta minat yang dimiliki putra-putri daerah untuk diuji kreativitasnya dalam berbagai bidang penilaian.

"Apa yang kami sampaikan tentunya telah dapat dirasakan dan dibuktikan selama perlombaan. Meskipun ada yang belum mendapat juara, tapi jadikan ini sebagai modal mengikuti lomba-lomba dimasa mendatang," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, selain berlomba memperebutkan juara terbaik sehingga menjadi pelopor pengenalan wisata Aceh Barat, kepada peserta yang telah mengikuti hendaknya melatih kepribadian itu untuk kehidupan sehari-hari.

Karena menurut Alaidinyah, meski ada yang bukan pemenang, namun peluang dan kesempatan terbuka lebar, semua putra-putri Aceh Barat berkesempatan menjadi orang yang diharapkan menjadi pelopor dalam memperkenalkan potensi daerah itu.

Dia berharap, duta wisata daerah dapat menjadi teladan bagi anak-anak lainnya dengan menunjukan bahwa Aceh Barat memiliki generasi penerus yang berkualitas dalam intelektualitas, wawasan dan kepribadian yang muslim dan muslimah.

"Kami mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah meraih juara dan kepada yang belum mendapat, jangan bersedih dan putus asa. Jadikan ini sebagai pengalaman yang paling berharga," katanya menambahkan.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016