Pekanbaru (ANTARA Aceh) - Persiraja Banda Aceh yang melakukan tandang perdana ke Riau mampu menaklukkan tuan rumah PSPS Pekanbaru 2-1 di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, Riau, Sabtu (14/5) sore. Dengan mengantongi sembilan poin, tim asuhan pelatih Akhyar Ilyas  masih memuncaki klasemen sementara grup.

Persiraja  yang menerapkan pola bermain menyerang sempat kebobolan lebih awal pada menit ke enam. Saat  Faumi Syahputra mengoper bola ke tengah mampu dipotong oleh Khairil penyerang PSPS. Khairil  yang lepas dari kawalan pemain belakang Periraja bergerak cepat dan melepaskan tendangan ke gawang yang dikawal  Aulia Rahmad. 

Tertinggal satu gol, pemain Persiraja tidak patah semangat terus mengempur pertahanan PSPS Pekanbaru dari sisi kiri dan kanan lapangan. Meski  banyak peluang untuk menciptakan gol hingga  babak pertama usai Persiraja tidak mampu menyamakan kedudukan.

Memasuki babak kedua, sejak menit pertama pemain Persiraja tidak merubah ritme bermain tetap menyerang. Pada menit ke-60 Fahrizal Dillah yang mendapat umpang matang dari lini tengah mampu mengecoh gawang PSPS yang dikawal Farning Ngotang Simanungkalit hingga kedudukan 1-1.

Setelah menyamakan kedudukan, serangan  tim Lantak Laju tambah gencar ke pertahanan PSPS Pekan baru. Serangan yang disusun pemain tengah Persiraja, Faumi, Mukhlis Nakata dan Zoelfadil menghasilkan hasil, pada menit ke-70 Fadhil Ibrahim yang mendapatkan umpang matang mampu melewati  pemain belakang PSPS, Budi Darman, Muhammad Mukhlis, hingga menaklukkan  kiper Farning  dan melahirkan gol ke-2 bagi Persiraja. 

Meski banyak peluang yang dimiliki pemain depan Persiraja untuk menambah gol, hingga peluit panjang ditiup wasit Dwi Susilo kedudukan tetap 2-1 untuk Persiraja.

Pelatih Persiraja Akhyar Ilyas merasa puas dan senang atas kerja keras pemain dilapangan. Dapat mencuri poin penuh pada lawatan perdana ini merupakan sebuah hasil yang sangat bagus sebagai modal untuk bisa masuk ke babak 16 besar.

''Saya sangat senang dan bangga atas jerih payah pemain untuk mencuri poin penuh di kandang PSPS, semoga pola bermain seperti ini bisa terus dipertahankan selama bertandang keluar,''katanya.

Terima Bonus     

Atas kemenangan perdana  lawatan ke kandang  PSPS Pekanbaru, Manajer Persiraja  T Nurmiadiboy langsung menyerahkan bonus Rp 5 juta kepada pemain. Sedangkan Rp 2 juta lagi diberikan oleh Dr Andalas  yang menonton langsung Persiraja versus PSPS di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, Riau, Sabtu kemarin.

''Usai menaklukkan PSPS 2-1, pemain langsung kita berikan bonus Rp 5 juta. Sementara Rp 2 juta lagi diberikan oleh Dr Andalas yang datang langsung  untuk menonton Persiraja main di Pekanbaru,'' ungkap T Nurmiadiboy senang.

Dengan menang main di kandang lawan, kata Boy, Persiraja yang kerap terdengar jago kandang bisa terbantahkan sendiri. Pemain diharapkan terus fokus dan konsisten dengan pola pemainan yang diterapkan pelatih, sehingga tandang ke dua ke asahan bisa mencuri poin penuh ke dua pada pekan mendatang.

''Kami berharap Persiraja bisa bangkit dengan segala keterbatasan yang dimiliki sekarang. Kami juga berharap doa warga kota Banda Aceh dan rakyat Aceh pada umumnya agar Persiraja bisa lolos pada babak berikutnya,'' tutur Boy.

Sementara, PSBL Langsa yang  berhadapan dengan Persebo, Palembang, Sabtu (14/5) kembali kalah 1-0. Dengan kekalahan dua kali berturut-turut, dipastikan PSBL Langsa masih menduduki juru kunci diklasemen sementara di Grup 1.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016