Empat kelompok tani di Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) jenis Cultivator dari anggota legislatif daerah itu.

Anggota DPRK Abdya, Ikhsan di Blangpidie, Rabu, mengatakan, empat kelompok tani yang menerima bantuan alsintan jenis Cultivator itu diantaranya Kelompok Tani Pelita Jaya, Gampong Lhok Gajah, Kelompok Tani Sabe Pakat Gampong Padang Sikabu, kelompok Tani Tunas Baru, Gampong Padang Sikabu, dan Kelompok Tani Tabina Usaha, Gampong Drien Berumbang di Kecamatan Kuala Batee.

Ikhsan yang juga Ketua Komisi D DPRK Abdya itu juga menjelaskan bahwa alsintan yang diserahkan kepada kelompok tani itu merupakan hasil dari pokok pikirannya (pokir) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani. 

"Cultivator ini adalah hasil dari pokir kita sebagai anggota DPRK Abdya, dan Alhamdulillah tadi sudah kita serahkan kepada masing-masing kelompok tani untuk dimanfaatkan di lahan-lahan pertanian," ujarnya

Ia menjelaskan manfaat mesin cultivator yang disalurkan tersebut dapat dipergunakan petani untuk membajak lahan pertanian cabai, lahan jagung, lahan kacang dan lahan untuk tanaman hulticultura lainnya.

"Jadi, dengan adanya batuan mesin alsintan itu, kita berharap dapat memudahkan petani saat membajak lahan pertanian mereka di Gampong-Gampong,” katanya. 

Ikhsan berpesan agar ke-empat unit mesin pertanian yang telah diserahkan itu agar dijaga dan dirawat sebaik mungkin, sehingga mesin itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak.

"Semoga mesin ini bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebaik mungkin oleh anggota kelompok tani. Dan kita berharap hasil pertanian makin meningkat," katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022