Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Timur menyatakan sebanyak 1.500 sapi di daerah itu jadi sasaran vaksinasi tahap kedua guna mencegah penularan dan penyebaran penyakit mulut dan kuku.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Timur Liza Murdhani di Aceh Timur, Jumat, mengatakan, vaksin PMK tersebut diberikan ke sapi yang sehat.

"Saat ini, kasus penyakit mulut dan kuku di Kabupaten Aceh Timur sudah nol atau nihil, belum ada penambahan laporan dari petugas di lapangan," kata Liza Murdhani.

Liza Murdhani mengatakan pihaknya terus menggencar vaksinasi terhadap sapi-sapi dan hewan ternak lainnya dalam upaya pencegahan dan penularan penyakit mulut dan kuku.

Selain itu, kata Liza Murdhani, pihaknya juga mengajak masyarakat, khususnya peternak, bekerja sama dan memberi dukungan penanganan wabah penyakit mulut dan kuku agar tidak lagi meluas.

"Kami juga mengimbau peternak segera melaporkan kepada petugas kesehatan hewan terdekat jika menemukan hewan ternaknya dengan gejala penyakit mulut dan kuku serta mengisolasinya guna mencegah penularan dan penyebaran penyakit tersebut," kata Liza Murdhani.

Sebelumnya, Kabupaten Aceh Timur telah menerima 1.000 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku tahap pertama. Vaksin tersebut didistribusikan ke sentra-sentra peternakan di kabupaten tersebut.

"Vaksin untuk mencegah penyakit mulut dan kuku tersebut diutamakan terlebih dahulu untuk kecamatan yang masuk zona merah atau penularan dan penyebaran PMK termasuk tinggi," kata Liza Murdhani.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022