Kodim 0116 Nagan Raya, Provinsi Aceh melaksanakan gerakan tanam jagung dan singkong seluas empat hektare di lahan milik TNI AD Desa Pante Ceureumen, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya.

“Penanaman jagung dan singkong ini sebagai upaya untuk meningkatkan program ketahanan pangan,” kata Dandim 0116 Nagan Raya, Aceh, Letkol Inf Tony Setyo Widodo dalam keterangan tertulis diterima ANTARA, Sabtu.

Ia mengatakan, penanaman jagung serentak di wilayah jajaran Kodim Nagan Raya ini merupakan perwujudan program unggulan sesuai arahan pimpinan TNI-AD.

Kegiatan penanaman jagung dan singkong tersebut dilakukan, dalam rangka mendukung ketersedian dan meningkatkan produksi pangan bagi masyarakat di wilayah teritorial Kodim 0116 Nagan Raya.

Selain itu, melalui tanam jagung dan singkong ini akan mampu meningkatkan produksi bahan pangan dan mendukung program pemerintah dalam hal Ketahanan pangan.

Letkol Inf Tony Setyo Widodo mengatakan, kehadiran TNI AD selain untuk menjaga keutuhan negara, juga harus turut hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu masyarakat menyiapkan ketahanan pangan.

Menurutnya, kebutuhan bahan pokok menjadi nomor satu bagi masyarakat, oleh karena itu, pihaknya harus memberikan contoh kepada masyarakat, salah satunya dengan menanam jagung dan singkong sebagai pengganti beras.

“Perintah pimpinan, TNI wajib mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan untuk membantu kelangsungan hidup masyarakat,” katanya.

Gerakan tanam jagung dan singkong oleh TNI diharapkan akan dirasakan oleh masyarakat.

Tony juga mengajak seluruh anggota TNI serta masyarakat untuk pandai-pandai memanfaatkan lahan tidur atau kosong agar mempunyai nilai manfaat.

Yang terpenting tujuan mengoptimalkan lahan tidur itu untuk kesejahteraan masyarakat.
"Sekecil apapun lahan, pasti punya manfaat jika diolah dengan baik," kata Tony Setyo Widodo.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022