Delegasi Crisis Management Initiative (CMI) Martti Ahtisaari Peace Foundation Helsinki berkunjung ke Aceh untuk melihat langsung perkembangan 17 tahun perdamaian di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar di Banda Aceh, Senin, menyebutkan kunjungan delegasi tersebut memberikan nilai positif dan dapat memperkokoh perdamaian Aceh yang sudah berlangsung sejak 2005.

"Kedatangan CMI dapat memperkokoh perdamaian yang sudah terajut. Ini juga terkait perkembangan situasi kamtibmas di Aceh," kata Irjen Pol Ahmad Haydar.

Pernyataan tersebut dikemukakan jenderal polisi bintang dua tersebut usai menghadiri pertemuan dengan delegasi CMI di Meuligoe Wali Nanggroe, Aceh Besar.

Oleh karena itu, mantan Kepala Pusat Laboratorium Forensik Polri itu mengajak semua pihak untuk terus menjaga, merawat, dan mempertahankan perdamaian Aceh yang telah dijadikan model penanganan konflik di berbagai negara.

"CMI sendiri menjadikan perdamaian Aceh sebagai contoh penanganan konflik diberbagai negara, seperti Myanmar. Oleh karena itu, mari kita jaga dan pertahankan," kata Irjen Pol Ahmad Haydar.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022