Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) Aceh mengajak masyarakat di provinsi itu mengamalkan butir-butir Pancasila.
     
"Mari amalkan butir-butir Pancasila. Pancasila merupakan pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI," kata Ketua FSKN Aceh Teuku Raja Keumangan di Jeuram, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Rabu.
     
Pernyataan tersebut disampaikan Teuku Raja Keumangan pada peringatan hari lahirnya Pancasila. Peringatan tersebut dihadiri Bupati Nagan Raya HT Zulkarnaini dan Kapolres Nagan Raya AKBP Mirwazi.
     
Turut hadir pada peringatan hari peringatan Pancasila pejabat Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, tokoh pemuda dan masyarakat serta veteran dan pejuang kemerdekaan di kabupaten tersebut.
     
Teuku Raja Keumangan atau akrab disapa TRK mengatakan, Pancasila merupakan ideologi Bangsa Indonesia. Pancasila juga pedoman hidup berbangsa dan bernegara.
     
"Memperingati hari lahir Pancasila untuk menguatkan dan meningkatkan kecintaan terhadap Pancasila. Menjaga Pancasila sama saja dengan menjaga keutuhan NKRI," kata Teuku Raja Keumangan.
     
Oleh karena itu, TRK yang juga Kepala Bappeda Nagan Raya mengajak masyarakat meningkatkan pemahaman butir-butir Pancasila serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
     
"Hidup rukun dan dalam akan terwujud jika kita semua mengamalkan butir-butir Pancasila. Karena itu, marilah kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Teuku Raja Keumangan.
     
Bupati Nagan Raya HT Zulkarnaini mengapresiasi Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara Aceh Teuku Raja Keumangan yang menginisiasi peringatan hari lahirnya Pancasila di kabupaten tersebut. 
     
"Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati FSKN Aceh ini merupakan momentum perdana di Kabupaten Nagan Raya. Dan ini sungguh luar biasa," kata HT Zulkarnaini.
     
Dengan peringatan tersebut, HT Zulkarnaini mengajak seluruh elemen masyarakat menjadikan momentum menjaga kekompakan dan persatuan dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya.

"Ciptakan kenyamanan serta kedamaian masyarakat dalam di segala bidang. Kenyamanan dan kedamaian itu akan terwujud jika semua elemen masyarakat mengamalkan butir-butir Pancasila," kata HT Zulkarnaini.
     
Dalam kegiatan tersebut, Ketua FSKN Aceh Teuku Raja Keumangan memberikan santunan kepada pejuang dan veteran karena mereka berjasa merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Pewarta: Pewarta : M Harsi SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016