Meulaboh (ANTARA Aceh) - PT Pegadaian Syariah (Persero) Cabang Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, telah mempersiapkan Rp4,1 miliar dana untuk membantu modal usaha pedagang menghadapi Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah.

Kepala PT Pegadaian Syariah Cabang Meulaboh, Arif Fadilah, di Meulaboh, Jum'at, mengatakan, menjelang lebaran atau selama bulan puasa Ramadhan, kebutuhan modal untuk menambah stok barang pedagang lokal di daerah itu cukup tinggi.

"Kita sudah siap mengantisipasinya, bisanya di awal Ramadhan atau sampai pada minggu awal puasa itu masyarakat sangat banyak membutuhkan, sehingga banyak yang mengadaikan emas atau apalah untuk kebutuhan modal usaha," sebutnya.

Sebagian besar kebutuhan pengusaha ataupun pedagang lokal untuk berbagai kegiatan ekonomi selama bulan puasa Ramadhan dan hal itu sudah menjadi tradisi yang setiap tahun terjadi, bukan hanya di Aceh tapi hampir diseluruh Indonesia.

Seperti pedagang pakaian di kawasan seputar Kota Meulaboh, mereka membutuhkan tambahan modal usaha untuk mendatangkan barang dagangan dari pasar luar seperti Jakarta dan Medan Sumatera Utara.

Pedagang lokal daerah itu sepertinya sudah terbiasa dengan kondisi demikian, disaat memasuki musim lebaran atau menjelang lebaran maka pedagang sudah jauh hari mempersiapkan stok barang dagangan dari pasar luar.

Para pedagang lokal kata Arif, diberi kemudahan mendapat modal untuk mendatangkan barang dagangan dari luar Aceh, pedagang hanya cukup membawa emas perhiasan untuk digadaikan dan langsung mendapat uang tunai.

"Jadi mereka banyak butuh dana untuk pembelian stok barang dan biasanya diakhir Ramadhan itu sudah mulai banyak dilakukan penebusan. Setelah mendapatkan laba, mereka mengembalikan modal yang diambil dari kita," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya telah mempersiapkan dana dan memfasilitasi untuk pelayanan masyarakat, apalagi telah banyak produk pegadaian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, bukan hanya produk gadai emas (mulia).

Malahan kata Arif, untuk lebaran 1437 Hijriah/2016 Masehi pihaknya telah siap membantu Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bermaksud memiliki kendaraan roda empat (mobil), tentunya dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Bahkan untuk masyarakat Aceh yang hendak menunaikan ibadah haji saat ini telah dapat dibantu mendapatkan porsi dari Kementrian Agama (Kemenag) melalui peran PT Pegadaian Syariah, cukup hanya menyerahkan lima manyam emas perhiasan (15 gram).

"Kalau di perbankan konvensional masyarakat harus sudah sampai Rp25 juta baru dapat porsi haji, tapi melalui PT Pegadaian cukup 5 mayam emas sudah dapat kami pastikan mendapat porsi haji. Ini adalah produk baru kita," katanya menambahkan.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016