Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga mengajak jajarannya untuk menyukseskan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 sebagai upaya memaksimalkan pembangunan lebih terukur dan tepat sasaran."Data memiliki peran yang sangat strategis dalam penentuan keberhasilan pembangunan karena perencanaan pembangunan berbasis data akan menjadi lebih terukur, efektif, dan efisien," katanya di Redelong, Senin (26/9).
"Data memiliki peran yang sangat strategis dalam penentuan keberhasilan pembangunan karena perencanaan pembangunan berbasis data akan menjadi lebih terukur, efektif, dan efisien," katanya di Redelong, Senin (26/9).

Ia menjelaskan data yang berkualitas merupakan sebuah kebutuhan dasar bagi penelitian dan perumusan kebijakan di setiap sektor pembangunan.

Menurut dia, tantangan yang dihadapi saat ini terkait supply data dalam perencanaan program pembangunan adalah masih terbatasnya data yang berkualitas dengan kondisi terkini (up to date).

Selain itu, lanjut dia, koordinasi dan sinkronisasi data yang ada pada berbagai SKPD juga masih belum optimal.

"Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, Badan Pusat Statistik harus mampu melakukan perbaikan metodologi dan mekanisme pengumpulan data, serta melakukan koordinasi dengan pemerintah, baik di pusat maupun di daerah," katanya.

Pihaknya optimistis upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan akan tercapai lewat data yang akurat dan terintegrasi dalam mendukung berbagai program pembangunan.

Regsosek adalah upaya pemerintah membangun data kependudukan tunggal, atau satu data, sehingga pemerintah dapat menggunakannya untuk melaksanakan berbagai program secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022