Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Lhokseumawe menyebutkan sebanyak 228 calon anggota pengawas pemilu tingkat kecamatan mulai mengikuti seleksi ujian tertulis dengan metode computer assisted test (CAT).

Ujian seleksi berlangsung di Kampus Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Sabtu. 

Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe Zulkarnaen mengatakan 228 peserta calon panwascam dari total 254 peserta telah dinyatakan lulus seleksi administrasi, sementara 34 peserta lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat. 

"Hari ini adalah proses seleksi yang kedua sebagai calon panwascam, setelah sebelumnya lulus seleksi administrasi. Jadi total 228 peserta ini lanjut mengikuti seleksi ujian tertulis melalui CAT," katanya. 

Zulkarnaen menyebutkan, nantinya setiap kecamatan akan lulus sebanyak enam peserta yang memiliki nilai tertinggi untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu seleksi wawancara. 

"Dari hasil seleksi wawancara, akan dipilih tiga peserta terbaik untuk menjadi panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan, sementara tiga peserta lainnya sebagai cadangan," katanya. 

Dikatakan Zulkarnaen, pengumuman hasil ujian tertulis akan diumumkan pada tanggal 17 Oktober 2022 mendatang di kantor Panwaslih Kota Lhokseumawe, kantor kecamatan setempat dan juga melalui website http://lhokseumawe.bawaslu.go.id.

"Kami berharap perekrutan ini menghasilkan para anggota pengawas kecamatan yang merupakan lembaga ad hoc berintegritas, sehingga menghasilkan pemilu berkualitas," kata Zulkarnaen.

Untuk menuukseskan ujian tertulis tersebut, kata Zulkarnaen, pihaknya juga sudah mengajukan surat permohonan kepada PLN Kota Lhokseumawe untuk tidak melakukan pemadaman listrik selama kegiatan ujian tulis ini berlangsung.

"Kami sangat berharap doa dan kerja sama dari semua pihak semoga proses seleksi ujian tulis ini berjalan dengan aman dan lancar," tutup Zulkarnaen. 
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022