Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga bagi tenaga kesehatan di kabupaten kepulauan sudah mencapai 98 persen atau 1.261 orang dari 1.282 orang yang menjadi sasaran.

"Dari 1.282 tenaga kesehatan yang menjadi sasaran vaksin COVID-19 dosis ketiga, realisasinya sudan 1.261 orang atau 98 persen," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Hanafi Lubis di Simeulue, Senin.

Menurut Hanafi Lubis, capaian vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Simeulue saat ini sudah cukup baik. Pihaknya berkeyakinan sasaran vaksinasi dosis ketiga tuntas beberapa pekan ke depan.

"Selain dosis ketiga, vaksinasi vaksin COVID-19 dosis keempat untuk tenaga kesehatan juga sudah dilakukan. Capaiannya juga termasuk baik," kata Hanafi Lubis.

Menurut Hanafi Lubis, vaksinasi vaksin COVID-19 dosis keempat ini untuk sementara hanya diberikan pada tenaga kesehatan. Mereka bertugas tersebar  di sepuluh kecamatan di Kabupaten Simeulue.

Sedangkan untuk masyarakat umum, kata Hanafi Lubis, hingga saat ini baru sebatas pemberian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga atau penguat pertama.

"Vaksinasi dosis keempat ini saat ini hanya diberikan pada tenaga kesehatan. Sedangkan untuk masyarakat umum, belum ada petunjuk dari pemerintah pusat," kata Hanafi Lubis.

Terkait vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga secara keseluruhan di Kabupaten Simeulue, Hanafi Lubis mengatakan capaiannya sudah berada pada angka 43,12 persen atau 27.295 orang dari sasaran 71.537 orang.

Sedangkan dosis kedua saat ini susah berada di angka 87 persen dari jumlah sasaran sebanyak 62.217 orang. Serta dosis pertama mencapai 101,9 persen atau 72.865 orang.

Hanafi Lubis mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, kendati sudah menerima vaksin COVID-19, baik dosis pertama, kedua maupun ketiga, 

"Terapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, dan tidak berkerumunan. Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Apalagi pandemi COVID-19 belum berakhir," kata Hanafi Lubis.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022