Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki menyatakan pabrik NPK Pupuk Iskandar Muda yang berlokasi di kawasan Kabupaten Aceh Utara akan beroperasi pada Desember 2022.

“Berdasarkan penjelasan dari PT PIM pabrik NPK ini hampir rampung dan akan operasional pada akhir tahun ini,” kata Penjabat Gubernur Aceh usai meninjau Kawasan Ekonomi Khusus Arun dan PT PIM di Aceh Utara dan Lhokseumawe, Senin.

Ia menjelaskan dengan operasionalnya pabrik NPK PIM tersebut tentu akan berdampak positif untuk kemajuan ekonomi di daerah operasional khususnya dan provinsi ujung paling barat Indonesia itu umumnya.

“Kita semua tentu berharap agar Aceh maju dan rakyatnya sejahtera, karena itu dukungan dari masyarakat tentu sangat diperlukan, termasuk teman-teman media,” kata Achmad Marzuki.

Direktur Operasi dan Produksi PT PIM Jaka Kirwanto mengatakan Pabrik NPK PIM telah rampung 90 persen dan akan beroperasi pada Desember 2022.

Ia menyebutkan pabrik tersebut didesain dengan produksi per tahun mencapai 500 ribu ton dengan area pemasaran dalam dan luar negeri.

Ia menambahkan khusus untuk pemasaran dalam negeri adalah untuk memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi.

Sebelumnya Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang turut didampingi Ketua DPR Aceh, Saiful Bahri menggelar pertemuan dengan Badan Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun dan turut diikuti Perta Arun Gas, Pelindo,  PIM, PEMA dan Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi Abdullah dan unsur Forkopimda setempat di Komplek KEK Arun.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022