Langsa (ANTARA Aceh) - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Langsa Provinsi Aceh, membuka pendaftaran rekrutmen calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dalam wilayah itu sejak tanggal 21-25 Juli 2016.

Koordinator Divisi SDM dan Pengorganisasian Panwaslih Kota Langsa, Rahmadani di Langsa, Selasa mengatakan pihaknya membuka pendaftaran tersebut guna merekrut anggota Panwascam di lima kecamatan dalam wilayah setempat.

"Bagi masyarakat yang berminat untuk menjadi pengawas Pilkada di tingkat kecamatan silahkan mendaftar ke sekretariat Panwaslih Kota Langsa dengan memenuhi sejumlah persyaratan yang berlaku," tutur Rahmadani.

Mantan Ketua HMI cabang Langsa ini menjelaskan, rekrutmen Panwascam yang dilakukan merujuk pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015, Qanun Aceh Nomor 7 tahun 2007 dan Peraturan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) nomor 3 tahun 2016.

Adapun persyaratannya, lanjut dia, meliputi; Warga Negara Indonesia, pendidikan minimal SMA sederajat, berusia paling rendah 30 tahun, berdomisli di wilayah kecamatan yang bersangkutan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk.

Surat pengajuan pendaftaran melampirkan; fotocopy KTP, pas foto warna ukuran 3x4 centi meter sebanyak 4 (empat) lembar, daftar riwayat hidup, fotocopy ijazah terakhir yang dilegalisir, surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan institusi kesehatan/pukesmas.

"Untuk surat pernyataan ada beberapa item diantaranya setia kepada pancasila, UUD 1945, NKRI, tidak pernah diancam pidana penjara selama lima tahun dan lainnya yang dapat dilihat langsung di sekretariat Panwaslih," kata alumnus IAIN Zawiyah Cot Kala ini.

Lanjut dia, semua berkas persyaratan dimaskukan kedalam map dengan ketentuan: warna merah untuk Kecamatan Langsa Barat dan Langsa Baro. Warna biru untuk Kecamatan Langsa Kota.

Sedangkan, Kecamatan Langsa Lama berwarna kuning dan warna hijau untuk Kecamatan Langsa Timur.

Jadwal pendaftaran, sambung Rahmad, yakni; pendaftaran sejak 21-25 Juli 2016. Seleksi administrasi tanggal 26 dan diumumkan kelulusan administrasi pada 27 Juli mendatang.

Ujian tulis dilaksanakan tanggal 30 Juli, bertempat di Sekertariat Panwaslih Kota Langsa. Uji publik/tanggapan masyarakat pada 2-4 Agustus. Selanjutnya, uji baca Al-Qur'an dijadwalkan pada 5 Agustus.

Terakhir, tahap wawancara pada 6-7 Agustus dan pengumuman calon anggota Panwascam terpilih pada 8 Agustus 2016.

"Kota Langsa terdapat lima kecamatan. Setiap kecamatan terdiri dari tiga orang anggota Panwascam, sehingga jumlah keseluruhannya sebanyak 15 orang," urai Rahmad.

Untuk itu, pihaknya mempersilahkan kepada masyarakat umum untuk mendaftarkan diri dan memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan.

"Bagi yang berminat silahkan daftar. Kompetensi dan pengalaman sebagai penyelenggara kepemiluan tentu sangat dibutuhkan. Informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke sekretariat Panwaslih Kota Langsa di Jl. Jenderal Sudirman, Simpang Remi No. 5 Gampong (Desa) Meutia Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa," sebut Rahmadani.

Pewarta: Putra Zulfirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016