Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh meminta Pemerintah Aceh untuk memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM terkait penggunaan teknologi agar bisa menguasai pasar digital.

"Sekarang platform digital penjualan melalui via online ini bisa mendunia, maka pemerintah harus memberikan pelatihan dan pembinaan kepada pelaku UMKM," kata Ketua Kadin Aceh M Iqbal Piyeung, di Banda Aceh, Jumat.

Iqbal menjelaskan pelaku UMKM belum semuanya menguasai teknologi, selain alat yang terbatas juga belum benar-benar memahami bagaimana pemanfaatannya. Apalagi banyak dari mereka juga home industri.

Karena itu, kata Iqbal, perlu kehadiran pemerintah di tengah para pelaku UMKM untuk melakukan pembinaan lengkap, mulai dari penguasaan digital sampai pada tahapan pemasarannya.

"UMKM perlu diberi pendidikan bagaimana menggunakan teknologi internet melalui handphone dan lainnya untuk dikuasai," ujarnya.

Iqbal menyampaikan, pendidikan digital perlu diberikan supaya para pelaku UMKM Aceh juga bisa naik kelas seperti banyak pengusaha yang sudah maju hari ini. 

"Banyak produk lain dari industri mikro menjadi besar, salah satunya seperti PT Sampoerna. Maka Pemerintah Aceh  harus membantu membuat mereka lebih maju kedepannya," katanya.

Kemudian, lanjut Iqbal, Pemerintah Aceh juga dapat membantu UMKM dengan melakukan misi dagang seperti yang sudah dilaksanakan Pemprov Jawa Timur. Minimal dapat menguasai pasar domestik dulu.

"Mari kita bantu meningkatkan pemasaran pelaku UMKM, dengan menjaga selalu menjaga mutu dan kualitas produknya hingga bisa menguasai pasar," demikian Iqbal.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022