Pembangunan jalan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-115 Kodim 0117/Aceh Tamiang sudah tahap pengerasan setelah didukung cuaca bersahabat/terik di sasaran fisik.

Koordinator Lapangan (Korlap) Satgas TMMD Lettu Inf Faisal Hadi di Aceh Tamiang, Senin, mengatakan cuaca panas di lokasi sasaran fisik TMMD hari ini tak disia-siakan personel Satgas bekerja di lapangan.

“Mumpung tidak hujan, kita kerahkan dump truk melangsir material tanah untuk ditimbun pada badan jalan sepanjang 3.750 meter yang selesai dibuka masuk tahap pengerasan,” kata Faisal Hadi.

Baca juga: Pembukaan TMMD ke-115 di Aceh Tamiang, ini sasaran targetnya

Diakui Korlap TMMD ini pekerjaan penimbunan jalan sangat tergantung pada cuaca. Saat cuaca hujan maka tanah timbun tidak bisa dilangsir, karena kondisi badan jalan yang baru dibuka becek dan licin dan tentunya akan semakin rusak bila dilalui truk pengangkut material.

“Makanya cuaca terik seperti ini sangat kita manfaatkan. Biarlah kami mandi keringat oleh sengatan matahari, namun pekerjaan bisa tercapai sesuai target,” sebutnya.
Saat ini, ujar Lettu Faisal Hadi dump truk tanah timbun sudah bisa lalu lalang setelah lokasi TMMD Kodim 0117/Aceh Tamiang di wilayah desa pemekaran Alur Mentawak tidak sedang diguyur hujan musiman.

Baca juga: TNI hubungkan tiga desa di pedalaman Aceh Jaya, ini harapan Pj Bupati

“Pekerjaan sasaran fisik berupa pembukaan jalan di Alur Mentawak, Kecamatan Kejuruan Muda sudah hampir rampung. Setiap hari puluhan dump truk keluar-masuk lokasi TMMD, karena kondisi jalan mendukung lancar untuk dilalui truk,” ujarnya.

Sementara itu Dandim 0117/Aceh Tamiang yang juga Dansatgas TMMD ke-115 Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi mengatakan dengan semangat gotong-royong masyarakat dan Satgas TMMD, pekerjaan fisik dua unit jembatan penghubung di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun hampir rampung dikerjakan.

“Pembangunan jembatan 2 Dusun Lama, Desa Tenggulun sudah tahap pemasangan besi plat injak, setelah itu akan dilakukan penngecoran. Sedangkan jembatan 1 Dusun Pakel, Desa Selamat sudah rampung dikerjakan,” terang Alfian.

“Jembatan merupakan sarana vital bagi masyarakat untuk beraktivitas, makanya kami dari pihak Satgas mengejar target ini agar bisa cepat dilalui warga desa setempat,” tambah Dandim.

 

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022