Meulaboh (ANTARA Aceh) - Koordinator Jokowi Center Aceh (JCA) Teuku Neta Firdaus mengucapkan selamat kepada Sri Mulyani yang dilantik sebagai Menteri Keuangan pada perombakan kabinet (reshuffle) jilid II, di Istana Negara, Rabu, siang.

"Mudah-mudahan kehadiran Menkeu Sri Mulyani menjadi sinyal baik di kabinet Jokowi-JK. Kita harapkan mereka bisa bersinergi, tidak timbul kegaduhan seperti yang sudah-sudah," katanya saat dihubungi di Meulaboh, Rabu.

Neta menyebutkan, sejumlah menteri baru kabinet kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi)- Yusuf Kala (JK) sisa masa jabatan 2014-2019 yang dilantik tersebut dinilai akan mampu memperbaiki ekonomi nasional menghadapi ekonomi global.

Dia menyebutkan, dari 13 menteri yang mengisi posisi kabinet kerja baru Jokowi-JK itu memiliki peran penting dan strategis dalam memperbaiki persoalan penguatan ekonomi nasional, terutama pada program swasembada pangan perdagangan nasional.

Neta berharap menteri yang telah dilantik pada hari bersejarah 27 Juli 2016 itu lebih jeli membaca keadaan pasar dan keingginan rakyat Indonesia, apalagi di saat kondisi seperti saat ini sejumlah mata barang masih bertahan melambung tinggi.

"Ini menjadi PR bagi Menteri Perdagangan baru dan Menteri Pertanian bertahan. Keduanya ini harus bersinergi ke depan karena kondisi harga sejumlah barang bahan pokok masih tinggi seperti gula pasir di Aceh," tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, beberapa kali panen padi di sebagian daerah di Indonesia terjadi gagal panen yang juga tidak terlepas dipengaruhi kondisi alam, demikian halnya harga kebutuhan pokok belum turun dan stabil karena pengaruh tekanan ekonomi sulit.

Neta mengharapkan, program-program kerja dari kementrian terkait dapat lebih ditingkatkan, tidak hanya menyampaikan klaim-klaim yang akhirnya menjadi perkiraan yang keliru dengan apa yang terjadi di tengah masyarakat.

Menurut dia, akan ada perombakan kabinet kerja baru yang masih bertahan untuk ke depannya apabila program kerja tidak menghasilkan perubahan membawa kepada peningkatan kesejahteraan rakyat serta peningkatkan penguatan ekonomi nasional.

"Kita tunggu saja akan ada reshuffle selanjutnya setelah reshuffle jilid dua. Walau bagaimanapun kita mengucapkan selamat juga kepada menteri kabinet baru semoga mereka mampu bekerja lebih baik,"katanya menambahkan.
   

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016