Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Aceh mewisudakan 10 lulusan angkatan pertama pada semester genap 2016/2017 di Kompleks Markaz Dewan Dakwah Aceh, Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Kamis.

Prosesi wisuda dilakukan oleh Direktur ADI Aceh Muhammad AR dan turut hadir Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Tgk Hasanuddin Yusuf Adan dan Ketua Bidang Pendidikan Dewan Dakwah Pusat Imam Zamroji MA bersama civitas akademika kampus tersebut.

Prosesi wisuda juga diisi dengan orasi ilmiah oleh dosen UIN AR Raniry Bustami Abubakar. Turut dihadiri Anggota DPD RI asal Aceh Ghazali Abbas Adan, dan para pengurus Dewan Dakwah Aceh serta orang tua wisudawan.

Sekretaris ADI Aceh Abizal Muhammad Yati mengatakan, mulanya mahasiswa yang belajar di ADI Aceh berjumlah 17 orang. Mereka berasal dari daerah Subulussalam, Aceh Singkil, dan Aceh Tamiang.

Akan tetapi dalam perjalanannya, hanya 10 orang saja dari angkatan pertama ini yang mampu bertahan. Semua lulusan tersebut dari Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, kata Abizal Muhammad Yati
    
"Dua lulusan di antaranya berhasil meraih predikat kelulusan istimewa atau cumlaude. Mereka adalah Yusuf dengan IPK 3,76 dan Syafriansyah Pasi dengan IPK 3,56. Sedangkan lainnya lulusan dengan predikat baik sekali," katanya.

Abizal Muhammad Yati menambah, dalam wisuda tersebut seorang wisudawan bernama Muhammad Abu Zar berasal dari Ipoh, Perak, Malaysia. Sedangkan seorang lulusan lainnya, Herdiansyah Padang tidak dapat mengikuti wisuda karena meninggal dunia pada pertengahan Ramadhan lalu.

Direktur ADI Aceh Muhammad AR mengatakan, awal mula pendirian ADI bukanlah tugas mudah. Banyak kendala dihadapi, terutama fasilitas dan finansial.

"Berkat bantuan semua pihak semuanya berjalan lancar. Tujuan utama pendirian ADI adalah untuk melahirkan pejuang-pejuang dakwah dan juga generasi penerus dakwah," kata Muhammad AR.

Oleh karena itu, Muhammad AR mengharapkan para lulusan agar dapat menjadi pembela akidah serta mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya untuk kemaslahatan umat.
   

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016