Langsa (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kota Langsa, Provinsi Aceh terus meningkatkan pembangunan dibidang kepariwisataan dalam rangka mendukung program kamaritiman Pemerintah Pusat serta menyukseskan destinasi wisata tahun 2017 yang dicanangkan Walikota setempat.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Langsa, Drs Syafrizal di Langsa, Selesa menjelaskan, objek wisata unggulan daerah itu saat ini adalah Pesona Hutan Kota dan Kawasan Hutan Mangrove.

"Kita fokus pada pengembangan ruang terbuka hijau/hutan kota dan ekosistem mangrove, disamping objek wisata lain seperti bumi perkemahan," jelas Syafrizal.

Diakuinya, Kota Langsa berdasarkan letak geografisnya merupakan kota jasa. Karenanya potensi wisata yang ada lebih pada wisata kreatif dan edukatif.

"Hutan kota adalah wisata rekreasi keluarga, begitu pula ekosistem mangrove menjadi wisata edukatif selain menikmati bentang alamnya," papar Syafrizal.

Menurut dia, untuk menggenjot wisatawan berkunjung ke Kota Langsa, pihaknya kerap menggelar sejumlah event berskala regional seperti Aceh Forest (Off Road), L-Track dan L-Bike.

Dimana, pesertanya berasal dari sejumlah daerah dalam Provinsi Aceh dan Sumatera.

"Selain menjadi peserta even tersebut, mereka juga berkesempatan mengunjungi objek wisata lain yang ada di Kota Langsa," urai pembina Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kota Langsa itu.

Untuk fasilitas, lanjut Syafrizal, sejumlah hotel mewah telah berdiri megah di Kota Langsa, seperti Hotel Harmoni dan Kartika Hotel.

Begitu pula aula pertemuan telah dibangun pihak swasta dengan kemampuan menampung sebanyak 500 orang seperti di Vitra Convention Hall dan Harmoni Convention Hall.

Berdasarkan fasilitas dimaksud, sambung dia, Kota Langsa dipercaya sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Aceh (PORA) belum lama ini dan ke depan menjadi penyelenggara Pemilihan Duta Wisata tingkat Provinsi Aceh.

Kesemua itu, tambahnya, tidak terlepas dari dorongan serta komitmen Walikota Langsa Usman Abdullah dalam membangun infrastruktur kepariwisataan di daerah tersebut.

"Ini bagian penting program kerja Bapak Walikota Usman Abdullah dalam membangun daerah sesuai visi dan misi beliau," pungkas Syafrizal.

Pewarta: Putra Zulfirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016