Balai Wilayah Sungai Sumatera I membantu penanganan erosi sungai yang telah mengikis badan jalan dan tanah masyarakat di kawasan Pasie Sira, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

“Untuk penanganan Pasie Sira, Pemkab Aceh Barat mendapatkan bantuan dari Balai Wilayah Sungai Sumatera I sebanyak 250 keping beronjong,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat, Dr Kurdi kepada ANTARA di Meulaboh, Kamis.

Menurutnya, bantuan tersebut diberikan berdasarkan permohonan Bupati Aceh Barat yang sebelumnya telah mengusulkan permohonan, agar dapat dilakukan penanganan erosi sungai di Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat.

Kurdi menjelaskan, panjang beronjong yang di bantu tersebut berkisar antara 20 hingga 30 meter untuk empat lapis beronjong, yang dipasang di sekitar tebing sungai yang terkikis erosi.

Dengan adanya bantuan tersebut, kata dia, maka penanganan erosi sungai di Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat, dapat dilakukan pencegahan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat meluapnya aliran sungai ketika musim hujan.

Sedangkan sisa tebing sungai yang saat ini belum bisa ditangani menggunakan beronjong, maka untuk sementara waktu dilakukan penanganan secara darurat dengan menggunakan pohon kelapa.

“Untuk penanganan longsor dan erosi sungai sudah mulai kita kerjakan,” kata Kurdi menambahkan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengharapkan agar persoalan longsor nya tebing sungai dan terjangan erosi yang terjadi di daerah tersebut, diharapkan segera mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat khususnya dari BNPB.

Mengingat jika dilakukan penanganan bencana menggunakan APBK Aceh Barat, maka hal ini sangat terbatas, katanya.

“Harapan kita BNPB bisa membantu dana yang lebih besar sesuai dengan kunjungan Pak Bupati Aceh Barat ke BNPB,” kata Kurdi menambahkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022