Menteri Sosial (Mensos RI) Tri Rismaharini tertangkap kemera sedang belanja di pasar tradisional Kota Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh usai mengunjungi korban banjir Aceh Tamiang di posko pengungsian.

Mensos Risma yang mengenakan jaket merah dan sepatu karet tampak memasuki toko ‘Ilham Jaya’ yang menjual barang pecah belah di Jalan Cut Nyak Dhien Nomor 16 yang ada di Pasar Pagi Kota Kuala Simpang tersebut.

Ternyata sang Mensos membeli berbagai macam peralatan dapur untuk dibawa ke GOR Aceh Tamiang yang dijadikan dapur umum sekaligus posko pengungsian korban banjir Aceh Tamiang.

Baca juga: Mensos Risma belanja kebutuhan peralatan dapur di Pasar Kota Kuala Simpang

Pemilik toko Ilham Jaya Nidar Wati (63) di Kota Kuala Simpang, Rabu, mengaku senang saat mengetahui pembeli yang mampir ke toko-nya itu adalah seorang Menteri. Awalnya dia ada melihat iring-iringan kendaraan pejabat melintas. Tak lama kemudian datang sejumlah orang ke tokonya.

“Saya tanya ada apa ini, kata mereka mungkin Menteri Sosial mau masuk. Eh rupanya di sebelah saya Ibu Risma,” kata Nidar Wati tampak sumringah.

Pelaku usaha pribumi ini mengatakan terakhir pernah melihat langsung Mensos Tri Rismaharini pada awal 2021 saat mengunjungi korban banjir di posko Istana Karang, Karang Baru. Saat itu Nidar Wati sengaja datang ke Istana Karang ingin melihat langsung sosok Menteri Risma.

Baca juga: Mensos sharing masalah teknis penanganan banjir Aceh Tamiang-Surabaya

Setelah itu tidak pernah terpikirkan oleh Nidar  atau ada firasat kalau tokonya bakal didatangi Menteri. Tapi pada momen langka itu dia tetap professional memposisikan dirinya sebagai pedagang dan menganggap Tri Rismaharini sebagai konsumen yang harus dilayani. 

“Saya tanya apa yang mau dibeli lagi Ibu, Ibu Risma bilang mau cepat-cepat belanja ini,” ujarnya menirukan perkataan Mensos Risma.

Baca juga: Mensos RI kunjungi korban banjir Aceh Tamiang di pengungsian, ini yang dibawa

Menurutnya Mensos Risma membeli berbagai macam jenis peralatan dapur dari ukuran yang kecil hingga yang jumbo seperti wajan, baskom kaleng, irus dan dandang masak nasi dari kapasitas 12 kg, 16 kg dan 20 kg. Kemudian cobek kayu, telenan, sutil, niru, serokan dan kompor gas.

Seorang pria staf Kemensos terlihat bersabar menunggu pemilik toko men-total semua harga barang yang dibeli Mensos. Tak lama kemudian pemilik toko menyerahkan kertas bon faktur kontan kepada staf tersebut yang nominal harga belanjanya Ibu Risma sebesar Rp14.920.000.

“Alhamdulillah, senang lah ya, ada bantuan untuk rakyat Aceh Tamiang. Kesannya kan senang, karena rakyat Aceh Tamiang dapat bantuan,” pungkas Nidar Wati.

 

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022