Lhoksukon (ANTARA Aceh) - Harga gabah kering panen (GKP)  pada tingkat petani di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh mulai naik dalam dua pekan terakhir.

Abdul Rafan, salah satu pedagang gabah di Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Minggu mengatakan harga gabah dari petani saat ini adalah R 4.700 per kilogram untuk kualitas baik.

Pedagang itu mengaku harga gabah sebelumnya adalah Rp4.500 per kilogram.

Namun seiring mulai tidak ada lagi panen raya di beberapa tempat penghasil gabah di wilayah Aceh Utara dan sekitarnya, maka harga gabah juga naik, katanya.

Ia mengatakan harga beli gabah diperkirakan akan terus merangkak naik saat memasuki musim tanam. Bahkan, tiga bulan lalu, harga gabah kering panen mencapai Rp4.900/kg.

Bahkan, harga gabah bisa naik lagi, kata pedagang gabah itu.

Ia mengatakan gabah yang dibeli dari petani dipasok untuk kebutuhan penggilangan padi lokal yang ada di sekitar wilayahnya.

Selain itu, gabah yang dibeli dari petani juga dipasok ke pembeli gabah  di Sumatera Utara.  

"Biasanya saya memasok gabah yang dibeli dari petani itu ke Medan, Sumatera Utara, tetapi akhir-akhir ini ia lebih memilih memasok ke penggilangan padi lokal," katanya.

Sementara itu, petani pada umumnya mengaku menjual langsung gabahnya setelah masa panen berlangsung.

Hal itu dilakukan untuk membayar pekerja dan juga untuk menutupi berbagai kebutuhan lainnya, kata Erlina, salah seorang petani.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016