Pengurus daerah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Kabupaten Pidie diharapkan dapat membumikan ekonomi berdasarkan prinsip-prinsip syariah di kabupaten setempat.

“MES harus dapat mengembangkan sekaligus membumikan ekonomi syariah sebagai sistem ekonomi yang berkeadilan dan berdasarkan prinsip-prinsip syariah di Pidie,” kata Asisten II Setdakab Pidie, Tarmizi, Selasa di Sigli.

Di sela-sela membuka acara Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemaskop) bagi UMKM dan aparatur kecamatan tahun 2022, ia mengatakan prinsip syariah tersebut harus dapat diterapkan secara maksimal oleh seluruh pelaku usaha di daerah itu.

Ia berpesan kepada UMKM yang mengikuti kegiatan tersebut agar dapat  mengembangkan dan menerapkan sistem ekonomi dan etika bisnis syariah.

Ia mengajak para pelaku UMKM untuk bersama-sama menghimpun semua potensi yang dimiliki dan berkumpul dalam satu wadah yaitu koperasi.

Menurutnya dengan koperasi akan maju dan mandiri secara bersama-sama sehingga hasil yang diperoleh akan semakin besar dan luas.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Cut Afrianidar mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan sistem ekonomi nasional dengan mengutamakan ekonomi kerakyatan dan asas kekeluargaan dengan prinsip syariah. 

“Kegiatan ini untuk mensosialisasikan akan pentingnya berkoperasi bagi masyarakat terutama para pelaku UMKM yang masih kesulitan dalam mendapatkan akses pembiayaan,” kata Cut Afrianidar.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022