Tim SAR Meulaboh dan SAR Aceh Jaya mengevakuasi warga Desa Mon Mata Kecamatan Krueng Sabee Aceh Jaya yang tertimpa longsor saat mencari emas  secara tradisional dalam lubang Gunung Hujan atau Kem III Desa Panggong Kecamatan Krueng Sabee.

Koordinator Pos SAR Meulaboh, Liza Irwansyah di Calang, Kamis mengatakan pihaknya langsung ke lokasi kejadian saat menerima informasi dari SAR Aceh Jaya dan Keuchik/kepala Desa Mon Mata ada warga yang tertimpa longsor.

Ia menjelaskan warga yang tertimpa longsor tanah bercampur batu di dalam lobang pada Rabu (23/11) sejak pukul 01.00 WIB bernama tersebut bernama Irwan (35).

“Kita mendapat informasi pada pagi harinya dan sampai di lokasi sekitar pukul 13.00 WIB. Dalam evakuasi tersebut kita juga ikut dibantu aparat kepolisian setempat  bersama dengan masyarakat,” katanya.

Menurut dia untuk evakuasi warga tertimpa longsor tersebut berjalan sekitar 1 jam setengah setelah pihaknya sampai ke lokasi kejadian sekitar pukul 13.30 WIB.

“Setelah kita melakukan asesmen dan menanyakan kondisi di lapangan kepada para penambang di sana, korban berhasil kita evakuasi dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam setengah yaitu pukul 15.00 WIB,” kata Koordinator Pos SAR Meulaboh, Liza Irwansyah.

Ia menambahkan kalau kondisi di lapangan dibutuhkan kehati-hatian saat melakukan evakuasi dikarenakan selain lobang yang sangat sempit juga kultur tanah yang mudah longsor.

“Pada saat kita melakukan evakuasi lubangnya sangat kecil dan tanah yang mudah jatuh sehingga kita sangat hati-hati mengevakuasi korban yang kakinya tertimpa batu dan tanah,” katanya.

Ia menyampaikan kalau proses evakuasi pihaknya juga dibantu oleh unsur TNI Polri, Brimob serta Masyarakat, para anak tambang dan Keusyik Desa Mon Mata.

Ia menambahkan untuk evakuasi tersebut dilakukan dengan cara Lifting yaitu mengikat korban dan ditarik sama-sama.

“Alhamdulillah pada saat kita tarik korban berhasil terlepas dari bebatuan yang menghimpit kakinya, korban selamat dan di serahkan kepada pihak Medis,” katanya.

Pewarta: Arid Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022