Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya melatih aparatur gampong di kabupaten itu agar mampu memanfaatkan media sosial untuk penerapan Sistem Informasi Gampong (SIGAP).

“Pelatihan penguasaan literasi digital penting diikuti seluruh aparatur Gampong sebagai panduan menghadapi kecanggihan teknologi,”kata Pj Bupati Abdya Darmansah di Blangpidie, Kamis

Ia menjelaskan dengan adanya pelatihan tersebut aparatur Gampong di Abdya dapat meningkatkan peran dan fungsi untuk percepatan pembangunan Gampong masing-masing khususnya dengan memanfaatkan sosial media.

"Perlu kita pahami bersama bahwa, aparatur Gampong itu harus cerdas memanfaatkan sosial media, baik untuk mempromosikan berbagai usaha, tempat wisata, kuliner dan lainnya yang ada di gampong,” katanya

Ia mengatakan dengan penguasaan literasi digital aparatur gampong dapat . mempromosikan potensi daerah dan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dengan kecanggihan teknologi sosial media.

"Aparatur Gampong itu pelaku utama dalam pembangunan dan kemajuan suatu daerah. sedangkan kecamatan dan kabupaten hanya menjadi pendorong fasilitasi kemandirian gampong," katanya

Menurut dia wujud dari majunya suatu daerah semua berawal dari tingkat Pemerintah paling kecil, yaitu aparatur di Pemerintahan Gampong. Kabupaten Abdya memiliki 152 gampong yang tersebar dalam Sembilan kecamatan.

Ia berharap melalui pelatihan penerapan Sistem Informasi Gampong (SIGAP) itu peserta mewakili seluruh gampong dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh sehingga keterbukaan informasi setiap gampong dapat terwujud.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022