Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga membentuk desa wisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Syahril di Aceh Timur, Kamis, mengatakan desa wisata yang dibentuk yakni Gampong Alur Nyamuk Kecamatan Bireum Bayeun.

"Kami akan bentuk Gampong Alur Nyamuk sebagai desa wisata karena memiliki potensi pengembangan pariwisata. Kami yakin Gampong Alur Nyamuk menjadi desa wisata yang maju,"kata Syahril.

Syahril mengatakan potensi pariwisata yang dimiliki Gampong Alur Nyamuk di antaranya air terjun. Air terjun di desa tersebut memiliki pesona alam yang luar biasa dan diyakini mampu menjadi daya tarik wisatawan berkunjung.

Hanya saja, kata Syahril, lokasi air terjun tersebut agak jauh dari Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur. Pengunjung harus menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan jarak 55 kilometer.

"Jalan menuju ke objek wisata air terjun tersebut butuh perbaikan. Oleh karenanya, untuk mengembangkan desa wisata itu membutuhkan dukungan semua pihak, terutama masyarakat setempat," kata Syahril.

Menurut Syahril, pengembangan potensi wisata sekarang ini bisa menggunakan dana desa. Oleh karena itu, pihaknya berharap aparatur pemerintahan Gampong Alur Nyamuk mengalokasikan dana desa untuk pengembangan potensi pariwisata.

Syahril mengatakan pengembangan sektor pariwisata memberi dampak banyak pada perekonomian masyarakat. Jika Gampong Alur Nyamuk dikembangkan menjadi desa wisata, maka banyak aktivitas perekonomian masyarakat.

"Oleh karenanya, saya mengajak desa yang memiliki potensi pariwisata agar mengembangkannya. Untuk pengembangan potensi wisata bisa menggunakan dana desa. Pemerintah kabupaten memiliki keterbatasan anggaran," kata Syahril.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022