Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih/Bawaslu) Kabupaten Simeulue mengajak media massa di kabupaten kepulauan terluar di Provinsi Aceh tersebut mengawasi dan mengawal pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

Ketua Panwaslih Kabupaten Simeulue Ahyar Yulius di Simeulue, Jumat, mengatakan media massa memiliki kekuatan menjaga pesta demokrasi rakyat lima tahunan tersebut berjalan sesuai yang diharapkan.

"Karena itu, kami mengajak media massa mengawasi serta mengawal tahapan pemilu 2024 yang kini sedang berlangsung. Pengawalan dan pengawasan ini penting menjaga agar demokrasi berjalan demokratis," kata Ahyar Yulius.

Menurut Ahyar Yulius, Panwaslih Kabupaten Simeulue atau di provinsi lain disebut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak bisa bekerja sendiri mengawasi pemilu. Sebab itu, dibutuhkan partisipasi media massa dan masyarakat mengawal pesta demokrasi tersebut.

"Pengawasan media massa dan masyarakat bisa mencegah terjadinya kecurangan dalam setiap tahapan pemilu. Semakin kecil kecurangan yang terjadi, maka semakin berkualitas pesta demokrasi rakyat serta legitimasi mereka yang terpilih juga semakin kuat," kata Ahyar Yulius

Ahyar Yulius mengatakan tantangan pelaksanaan Pemilu 2024 juga berat. Selain dilaksanakan serentak antara pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden, wilayah Kabupaten Simeulue yang mencakup kepulauan juga menjadi tantangan mengawasi pelaksanaan pemilu.

"Panwaslih bertugas mengorganisir sistem pengawasan setiap tahapan pemilu. Tentunya, kami tidak mungkin dapat melakukan pengawasan secara baik dan maksimal kalau tidak dibantu elemen masyarakat dan juga peran serta media massa," kata Ahyar Yulius.

Alis Anizar, wartawan di Simeulue, mengapresiasi dan berterima kasih kepada panwaslih setempat yang mau mengajak insan media untuk bersama-sama mengawasi dan mengawal tahapan Pemilu 2024, sehingga terlaksana sesuai harapan masyarakat.

"Kami siap membantu Panwaslih Simeulue mengawal dan mengawasi tahapan pemilu. Tugas media massa di antaranya kontrol sosial, dan ini sejalan dengan tugas panwaslih. Pengawalan dan pengawas tersebut untuk memastikan pemilu di Kabupaten Simeulue terlaksana dengan baik," kata Alis Anizar.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022