PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lhokseumawe, Aceh, mengedukasi dan menyosialisasikan potensi bahaya kelistrikan guna menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat yang berada di sekitar jaringan listrik. 

Manajer Bagian Perencanaan PT PLN UP3 Lhokseumawe Muhammad Zuhroni Abidin di Lhokseumawe, Selasa, mengatakan sosialisasi dan edukasi tersebut dilakukan guna menekan angka kecelakaan kelistrikan. 

"Potensi bahaya kelistrikan tersebut bukan hanya dapat menimbulkan kecelakaan, tetapi juga dapat mengancam jiwa. Oleh sebab itu, edukasi dan sosialisasi sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap potensi bahaya listrik di lingkungan masyarakat," katanya. 

Muhammad Zuhroni menyebutkan listrik merupakan kebutuhan vital dalam kehidupan sehari-hari. Namun begitu, listrik pun memiliki potensi bahaya cukup besar seperti arus pendek atau korsleting listrik yang diakibatkan ketidakpahaman ataupun kelalaian masyarakat. 

"Pada dasarnya, banyak masyarakat tahu cara penggunaan listrik, namun tidak mengetahui dan bahkan tidak peduli terhadap potensi bahayanya tentang kelistrikan," katanya. 

Pernyataan tersebut disampaikan Muhammad Zuhroni pada edukasi dan sosialisasi bahaya kelistrikan tersebut diikuti unsur Forkopimda Lhokseumawe, camat, perwakilan pemilik bangunan dekat jaringan tegangan menengah, jurnalis, dan pemangku kebijakan terkait.

Menurut Muhammad Zuhroni, kecelakaan listrik dapat terjadi karena banyak faktor. Pihaknya juga tidak dapat menyimpulkan bahwa penyebab kecelakaan adalah kelalaian PLN atau kelalaian pelanggan.

"Ini perlu proses investigasi pihak kompeten secara objektif dan berimbang. Namun, masyarakat yang sering menjadi korban kecelakaan kelistrikan adalah saat memanen sawit hasil perkebunan dan saat memasang spanduk,"katanya.

Penjabat (Pj) Pelaksana Operasional Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) dan Keamanan PT PLN UP3 Lhokseumawe Fajar Ramadhan mengatakan kecelakaan terkait kelistrikan untuk pekerjanya untuk wilayah Aceh pada tahun ini masih nihil.

"Kami terus berupa nol kecelakaan kelistrikan tidak hanya bagi pekerja, tetapi juga terhadap masyarakat, sehingga edukasi bahaya kelistrikan sangat perlu dilakukan," kata Fajar Ramadhan. 
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022