Cabang olahraga (cabor) renang asal Kabupaten Aceh Tamiang tampil gemilang menyabet 10 medali satu di antaranya emas dari arena Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIV Pidie 2022.

“Alhamdulillah PRSI sudah selesai mengikuti pertandingan PORA dengan total perolehan medali satu emas, tujuh perak dan dua perunggu,” kata Ketua Cabor Renang Aceh Tamiang Marlina di Aceh Tamiang, Selasa.

Saat ini, kata Marlina atlet-nya sudah pulang setelah berjuang selama tiga hari sejak 17-19 Desember 2022. Adapun peraih medali emas disumbang oleh tim beregu estafet dengan enam orang atlet. Sedangkan untuk medali perak dan perunggu dipersembahkan oleh atlet perorangan.

Baca juga: Emas tinju Aceh Besar lampaui target di PORA XIV

Mantan anggota DPRK Aceh Tamiang 2009-2014 ini mengaku puas atas capaian 10 medali oleh anak asuhnya di event PORA tahun 2022.

“Tahun ini saya turut bangga sama anak-anak ini, karena di PORA tahun sebelumnya hanya dapat tiga medali, perak dan perunggu. Selain itu yang buat bangga lagi atlet PRSI kita asli dari lokal, kalah menang pakai atlet sendiri tidak nge-bon dari luar,” ujarnya. 

Ketua Kontingen Aceh Tamiang Muhammad Husen Dawud menyatakan cabor angkat berat Aceh Tamiang juga berhasil mendulang dua medali emas di ajang PORA. Dengan demikian perolehan medali emas untuk Aceh Tamiang bertambah menjadi sembilan.

Baca juga: Pidie juara umum, Aceh Besar runner-up panahan PORA XIV

“Dari angkat berat Aceh Tamiang hanya memberangkatkan lima orang atlet dan berhasil mendapatkan empat medali terdiri dari dua emas, satu perak dan satu perunggu,” kata M Husen.

Adapun nama atlet angkat berat yang memboyong medali emas yakni atas nama Budi Prawira pada kelas 105 putra total angkatan 600 kg dan Ronda Syahputra pada kelas 93 putra total angkatan 585. Selanjutnya Yustika Rahanim kelas 63 putri total angkatan 245 meraih medali perak dan Agus Pramana kelas 83 Putra total angkatan 510 meraih medali perunggu.

Baca juga: Banda Aceh juara umum catur PORA Pidie

Sementara jelang berakhirnya perhelatan PORA XIV Pidie pada 22 Desember 2022 mendatang, jumlah medali yang berhasil dikumpulkan kontingen Aceh Tamiang total sebanyak 55. Saat ini berdasarkan klasemen sementara PORA XIV/2022 Pidie, Kabupaten Aceh Tamiang masih menduduki peringkat ke 13 dari 23 kabupaten/kota peserta PORA.

“Masih ada dua cabor lagi yang akan dipertandingkan hari ini yaitu sepeda kelas BMX dan cabor Silat. Kita berharap kepada dua cabor ini bisa menambah medali untuk Aceh Tamiang, terutama emas,” ujarnya.
 

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022