Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Kota Lhokseumawe, Aceh, menyatakan sebanyak 1.118 calon panitia pemungutan suara (PPS) Pemilu 2024 mengikuti ujian tertulis menggunakan sistem computer assisted test (CAT). 

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KIP Lhokseumawe Mulyadi di Lhokseumawe, Kamis, mengatakan ujian CAT digelar untuk menjaring 204 calon anggota PPS yang ditempatkan pada 68 desa yang tersebar di empat kecamatan.

Dari seribuan calon tersebut, dipilih enam orang dengan nilai tertinggi untuk setiap desa. Selanjutnya, mereka akan mengikuti seleksi wawancara, kata Mulyadi. 

"Dari enam calon orang tersebut, tiga orang terbaik di antaranya ditetapkan sebagai anggota penyelenggara pemilu adhoc tingkat desa, tiga lainnya sebagai cadangan," kata Mulyadi.

Mulyadi mengatakan sebelumnya pendaftar calon anggara PPS yang dilakukan melalui aplikasi Siakbak dengan jumlah lebih dari 1.700 orang. Namun, yang melengkapi dokumen hanya 1.118 orang. 

Bagi pelamar atau calon anggota PPS yang dinyatakan lulus administrasi, namun tidak mengikuti ujian, maka dinyatakan gugur tanpa ada ujian ulang, kata Mulyadi. 

"Kami berharap anggota PPS yang terpilih nanti, dapat melakukan tugas menyelenggarakan tahapan pemilu secara objektif, tanpa keberpihakan serta berintegritas," kata Mulyadi

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif direncanakan serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023