Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Aceh, mencatat sebanyak 39.225 anak dari target 39.343 anak atau 99,7 persen di daerah itu sudah menjalani imunisasi polio. 

"Hingga kini, realisasi imunisasi polio sudah mencapai 99,7 persen. Realisasi ini sejak pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional polio pada 12 Desember 2022," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe Safwaliza di Lhokseumawe, Rabu. 

Safwaliza mengatakan capaian tersebut sudah melebihi target yang ditentukan sebesar 95 persen dari total sasaran. Bahkan angka anak yang diberikan imunisasi polio hampir mencapai 100 persen. 

Menurut Safwaliza, tingginya pencapaian realisasi imunisasi polio tidak terlepas dukungan semua pihak termasuk peran serta orang tua yang tidak mengkhawatirkan anaknya mendapatkan vaksin polio.

"Suksesnya program pencanangan Sub Pekan Imunisasi Polio ini juga berkat kerja sama Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe dengan beberapa instansi terkait dan juga peran serta masyarakat," kata Safwaliza. 

Imunisasi polio, kata Safwaliza, sebagai bentuk kecintaan pemerintah terhadap anak-anak guna mencegah adanya kasus polio dan juga angka stunting atau kekerdilan yang terjadi terhadap anak.

"Sub Pekan Imunisasi Polio dicanangkan ini menyasar anak-anak, baik di sekolah-sekolah maupun di pusat pelayanan kesehatan atau puskemas," kata Safwaliza.

Safwaliza mengatakan berdasarkan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Puskesmas, ada 47.186 anak di Kota Lhokseumawe yang menjadi sasaran imunisasi. Berdasarkan data tersebut, maka realisasinya mencapai 83,1 persen. 

"Setiap anak akan diberikan dua tetes imunisasi polio. Diharapkan dengan suksesnya Sub PIN Polio ini, maka dapat mencegah adanya kasus polio di Aceh, khususnya di Kota Lhokseumawe," kata Safwaliza.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023