Meulaboh (Antara Aceh) - Anggota DPD-RI Fachrul Razi mengatakan pihaknya telah berhasil memperjuangkan nama Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh masuk dalam salah satu Kotamadya yang segera disahkan melalui Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP).

"Ada daerah sudah 15 tahun mengusulkan tapi belum terwujud, Allhamdulillah Meulaboh sudah masuk kuota di RPP walau baru satu tahun sudah di meja Presiden RI. Kalau sudah ditanda tangani maka sudah ada Kotamadya di Aceh Barat," katanya di Meulaboh, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan saat menjadi pemateri dalam Seminar Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Pemerintah Kota Meulaboh di aula Bappeda, acara ini turut dihadiri sejumlah tokoh berpengaruh di Provinsi Aceh.

Fachrul Razi menegaskan, menyebutkan, persoalan saat ini hanya karena keuangan negara yang dianggap belum siap untuk membentuk DOB, akan tetapi semua senator di Senayan, Jakarta, sudah mendukung dirinya, bahkan daerah asal pemilihannya itu siap mengalokasikan APBA selama tiga tahun transisi pemekaran.

Satu hal yang membuat para senator di Jakarta menyatakan mendukung terhadap pemekaran Aceh Barat adalah karena keseriusan Bupati Aceh Barat H T Alaidinyah, yakni melakukan pembentukan Kotamadya untuk mensejahterakan Aceh Barat.

"Kemauan Bupati Alaidisnyah dengan daerah lain beda, daerah lain minta pemekaran karena belum sejahtera, tapi disini sebaliknya, meminta mekar untuk mensejahterakan Kabupaten Aceh Barat,"tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pada prinsipnya Meulaboh sebagai ibu kota Kabupaten Aceh Barat selama ini sudah menjadi pusat perdagangan dan pendidikan di barat selatan Aceh, kehadirian Kotamadya diharapkan membawa manfaat bagi kabupaten pendukung.

Sementara itu Bupati Nagan Raya Drs Teuku Zulkarnaini yang dimintai tanggapannya menyampaikan dukungan penuh terhadap pembentukan Kotamadya Meulaboh, sebab Aceh Barat merupakan kabupaten induk yang begitu banyak berjasa.

"Saya sangat mendukung pembentukan Kotamadya Meulaboh, manfaatnya tentu akan terasa sampai Kabupaten Nagan Raya, bila sudah menjadi sebuah otonom tentunya akan banyak dana APBN yang mengalir ke Aceh," sebutnya.

Zulkarnaini menjelaskan, Kabupaten Aceh Barat sejak menjadi daerah otonom telah dilakukan pemekaran sehingga terbentuk tiga kabupaten lain seperti Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Simeulue.

Dia berharap dengan terbentuknya Kotamadya Meulaboh dapat menjadi kawasan industri baru untuk Aceh Barat dan untuk semua daerah tetangga, dengan demikian peningkatan perekonomian masyarakat di daerah itu semakin cepat terwujud.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016