Sebanyak 148 calon haji (calhaj) Kabupaten Aceh Tamiang mulai mengikuti bimbingan manasik haji 2023 yang diselenggarakan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama setempat.

Pejabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman memberi ucapan selamat kepada calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini. Calon jamaah haji diimbau untuk memanfaatkan waktu dalam mempelajari dan mengkaji ilmu manasik haji.

Meurah Budiman juga berpesan kepada calon jamaah haji asal Aceh Tamiang untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh. Karena pelaksanaan ibadah haji membutuhkan kesehatan prima. 

"Pentingnya setiap calon jamaah untuk mengikuti aturan pemerintah terkait protokol kesehatan. Calon jamaah haji harus dipastikan betu-betul telah mengikuti prosedur protokol kesehatan seperti vaksinasi COVID-19 yang lengkap," kata Meurah Budiman saat membuka kegiatan bimbingan manasik haji di aula Setdakab Kantor Bupati Aceh Tamiang di Karang Baru, Jumat.

"Ikuti aturan pemerintah, lakukan vaksinasi yang diwajibkan untuk ikhtiar kita bersama. Insya Allah, Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan mudahkan seluruh urusan ibadah kita di sana (Mekkah)," tambah Meurah.

Perwakilan PD IPHI Kabupaten Aceh Tamiang H Hambali melaporkan pelaksanaan kegiatan bimbingan manasik haji akan dimulai pada tanggal 29 Januari-12 Maret 2023 dengan jumlah calon jamaah sebanyak 148 orang akan berangkat tahun ini.

Sementara pejabat dari Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Aceh Tamiang Anwar Fadli menyampaikan kuota keberangkatan calon jamaaah haji sudah normal kembali dan tidak ada pembatasan usia seperti tahun lalu. Kepada para calon jamaah diminta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Bimbingan manasik/ibadah haji ini dihadiri oleh unsur Forkopimda Aceh Tamiang sejumlah pimpinan perbankan, pengurus IPHI dan seluruh calhaj asal Aceh Tamiang.
 

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023