Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh meningkatkan patroli keamanan dan ketertiban masyarakat saat libur akhir pekan dan perayaan Imlek di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan secara umum kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat Aceh menjelang perayaan Imlek dan libur panjang pekan ini berlangsung kondusif.

"Polda Aceh dan jajaran, baik polres maupun polsek meningkatkan patroli saat perayaan Imlek dan libur panjang akhir pekan ini. Patroli tersebut merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan," kata Joko Krisyanto.

Perwira menengah Polri itu mengatakan Polda Aceh dan jajaran tidak mengerahkan personel khusus pengamanan perayaan Imlek. Termasuk tidak mendirikan pos khusus di rumah ibadah masyarakat yang merayakan Imlek.

Kendati begitu, kata Joko Krisyanto, Polda Aceh dan jajaran memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang merayakan Imlek tersebut. Termasuk keamanan dan ketertiban masyarakat saat libur panjang Imlek pekan ini.

"Tidak ada pos pengamanan khusus dan penempatan personel di rumah ibadah. Untuk pengamanan perayaan Imlek dan libur panjang ini, jumlah personel yang dikerahkan tentatif, sesuai kebutuhan," kata mantan Kapolresta Banda Aceh tersebut.

Begitu juga dengan pengamanan tempat-tempat wisata atau keramaian yang didatangi masyarakat saat libur panjang, Joko Krisyanto mengatakan kepolisian juga meningkatkan patroli yang merupakan kegiatan rutin ditingkatkan.

"Juga tidak ada pos khusus untuk pengamanan di tempat-tempat wisata. Akan tetapi, kepolisian meningkatkan patroli ke tempat tersebut untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat berlibur yang bersamaan dengan perayaan Imlek," kata Joko Krisyanto.

Joko Krisyanto mengimbau masyarakat di provinsi ujung barat Indonesia tersebut tetap menjaga solidaritas dan toleransi antarumat beragama, sehingga masyarakat yang merayakan Imlek bisa melaksanakannya dengan aman dan nyaman 

"Kepada masyarakat yang berlibur panjang di akhir pekan ini, kami juga mengimbau dan mengingatkan untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan serta ketertiban, sehingga Aceh yang kondusif tetap terjaga," kata Joko Krisyanto.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023