Dua desa di Kabupaten Aceh Besar terendam banjir akibat luapan sungai Krueng Lingka yang disebabkan karena hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur kawasan tersebut sejak dua hari lalu.

"Sungai Krueng Lingka Aceh Besar meluap, sehingga menyebabkan banjir di Desa Teupin Batee dan Desa Cot Leuot, Kecamatan Blang Bintang," kata Kepala BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil, di Aceh Besar, Minggu.

Ridwan menyampaikan, kedua desa yang mengalami banjir tersebut berada di wilayah bantaran sungai Krueng Lingka, sehingga saat airnya meluap langsung berimbas ke lahan masyarakat.

Banjir ini, kata Ridwan, hanya menggenangi lahan pertanian dan menutupi badan jalan penghubung antardesa tersebut, sehingga mengganggu aktivitas masyarakat setempat.

"Untuk rumah warga saat ini belum ada yang tergenang karena kontruksi rumah masyarakat yang berada di kawasan tersebut berkontruksi panggung," ujarnya.

Saat ini, kata Ridwan, ketinggian debit air sungai tersebut sudah mulai menurun, meskipun demikian cuaca masih mendung dan berpotensi kembali terjadinya hujan.

"Secara visual cuaca mendung dan masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir," katanya.

Sebagai langkah antisipasi, Ridwan telah mengintruksikan seluruh petugas BPBD untuk siaga dan terus menyampaikan laporan setiap perkembangan dampak dari tinggi nya intensitas curah hujan yang berpeluang terjadinya banjir, longsor, serta pohon tumbang.

"Personil BPBD Aceh Besar terus melakukan pengecekan dan pemantauan di beberapa titik lokasi yang rawan terjadinya banjir dan longsor," demikian Ridwan Jamil.

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023