Meulaboh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh menyatakan siap memfasilitasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Meulaboh berkapasitas 400 MW guna mewujudkan Indonesia surplus energi.

Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah di Meulaboh, Jum'at, membenarkan bahwa ada program Pemerintah Pusat yang menjajaki lokasi pembangunan pengembangan PLTU Meulaboh meski secara administratif lokasinya masuk dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya.

"Sebenarnya itu adalah program pengembangan PLTU 400 MW, informasinya benar, sudah kita respon begitu sampai ke kita. Kebetulan letak PLTU itu dekat perbatasan, makanya kita telah sampaikan, silakan tunjuk dimana titik koordinatnya," katanya.

Pernyataan tersebut disampaikanya merespon rencana pembangunan PLTU Meulaboh berkapasitas 400 Megawatt dan telah ada rekanan sebagai pememenang tender dengan nilai proyek hampir Rp8 triliun yang akan dikerjakan pada awal 2017.

Bahkan proses pelelangan tender proyek Pemerintah Pusat tersebut telah dilakukan beberapa kali dan gagal, karena itu apabila benar sudah akan mulai dikerjakan maka secara pemerintahan dirinya menyampaikan dukungan penuh mewujudkan pembangunan tersebut.

Pada prinsipnya Alaidinsyah sangat mendukung terhadap kebijakan pengembangan perusahaan pemerintah tersebut guna mewujudkan percepatan nawacita Presiden Joko Widodo dalam program 35.000 MW.

Hanya saja dalam ketentuan secara administratif dirinya menyampaikan sudah tidak ada lokasi atau lahan pemerintah yang bisa digunakan, yang tersedia hanya tanah milik masyarakat dan pemda siap membantu semua hal yang dibutuhkan.

"Itu PLTU di Suak Puntong nama aslinya PLTU Meulaboh, sama juga seperti Bandara Cut Nyak Dhien Meulaboh, namanya Bandar Cut Nyak Dhien Nagan Raya. Untuk pembangunan itu pemerintah tidak punya lahan, kalau milik masyarakat ada, silakan tunjuk titik koordinat biar kita fasilitasi" jelasnya.

Sementara itu Manager PT PLN Area Meulaboh Redi Zusanto membenarkan bahwa akan ada pembangunan baru dua unit pembakit tambahan yakni untuk unit III dan IV PLTU Meulaboh yang berada di Kecamatan Kuala Pesisir itu.

Dia menyampaikan, PLTU di Suak Puntong tersebut masih berkapasitas 2x220 Mw dan akan terus dilakukan pengembangan melalui penambahan unit III dan IV, bahkan rencana penambahan pengembangan lokasi pembangkit akan berpusat di wilayah Kabupaten Aceh Barat.

"Memang benar informasinya ada pembangunan baru untuk unit tiga dan empat dan induknya masuk ke wilayah Kabupaten Aceh Barat. Persoalan bagaimana prosesnya itu bukan kami disini yang laksanakan," katanya menambahkan.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016