Kualasimpang (Antara Aceh) - Lima pasangan bakal calon bupati/wakil bupati Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, selesai mengikuti uji kemampuan membaca Alquran sebagai syarat untuk bisa maju pada Pilkada serentak 2017.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang, Alhamda, SHI di Kualasimpang, Jumat menyatakan, uji baca Alquran yang dilaksanakan di Mesjid Nur Hasanah, Karang Baru, dinilai tentang tajwid, fashahah dan adab.

Salah satu pasangan calon petahana H Hamdan Sati dan Izwardi, dinilai lancar membaca ayat suci Alquran, demikian juga empat pasangan lainnya yakni Ir Rusman-T Yusni, Mursil, SH MKn-T Insyafuddin, ST, Drs Zulkarnain Iskandar, MAP-Drs Ahmad As¿adi dan Lukmanul Hakim-Abdul Manaf.      
    
Dalam uji tes baca Alquran tersebut, pihak Kepolisian Resort Aceh Tamiang, tampak mengamankan lokasi guna mengantisipasi adanya ancaman yang berarti selama kegiatan berlangsung.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Yoga Prasetyo, SIk melalui Kabag Ops AKP Joko Kusumadinata kepada wartawan mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan 30 lebih personil gabungan yang terdiri dari Sat Intelkam, Sat Sabhara, Sat Reskrim, Sat Lantas serta Provos untuk berjaga di sekeliling mesjid selama kegiatan berlangsung.

"Beberapa personil sudah ditempatkan di depan maupun di belakang mesjid, untuk memonitor ancaman yang timbul, karena ratusan pendukung dari bakal calon bupati dan wakilnya berbaur sambil melihat peserta uji tes baca Alquran," kata Joko.

Pewarta: Syawaluddin

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016