Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sebanyak 80 santri tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat di Kabupaten Tengah, Provinsi Aceh ambil bagian dalam lomba pidato bahasa asing yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat.

"Kegiatan yang diselanggarakan ini salah satunya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing bagi kalangan santri untuk tingkat SMP dan SMA/sederajat," kata Kepala Kantor Pembinaan dan Pendidikan Dayah Aceh Tengah, M Aris di Takengon, Selasa.

Ia menjelaskan guna meningkatkan semangat para peserta tersebut, pemerintah daerah setempat menyiapkan total hadiah untuk kegiatan tersebut Rp40 juta dengan jumlah peserta yang mendaftar masing-masing 34 bahasa inggris dan 46 orang bahasa Arab.

"Lomba pidato berbahasa Inggris dan Arab ini akan berlangsung selama dua hari yang dimulai pada 4 sampai 6 Oktober 2016," katanya.

Ia menjelaskan lomba pidato bahasa asaing tersbeut merupakan kegiatan perdana dilakukan dengan harapan meningkatkan minat santri untuk giat berlatih bahasa asing, khususnya Inggris dan Arab.

Lomba pidato bahasa asing yang berlangsung di Aceh Tengah tersebut dibuka langsung oleh bupati setempat yakni Nasaruddin dan turut dihadiri oleh Ketua DPRK Aceh Tengah, Muchsin Hasan serta beberapa pimpinan dayah setempat.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan proses belajar mengajar di dayah membuat Santri lebih mandiri dari pelajar sekolah formal, karena mereka tidak tergantung kepada orang lain, karena dibiasakan untuk mempersiapkan sendiri segala keperluan belajarnya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016