Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sejumlah atlet Aceh yang meraih medali Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat beberapa waktu lalu menerima bonus.

Bonus medali tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Aceh yang juga Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh Muzakir Manaf di GOR KONI Aceh di Banda Aceh, Kamis.

Aceh yang mengirimkan 279 atlet, pelatih, dan ofisial mengikuti 31 cabang olahraga PON Jawa Barat. Di ajang olahraga nasional empat tahunan itu, atlet Aceh mampu meraih delapan emas, tujuh perak, dan sembilan perunggu.

Untuk emas, Aceh meraih dua medali di cabang angkat besi dan tarung derajat, sedangkan cabang panahan, atletik, kempo, dan terjun payung masing-masing satu medali emas.

Sedangkan perak diraih dari cabang, tarung derajat dan drum band masing-masing dua medali, serta terjun payung, taekwondo, dan panahan masing-masing satu medali.

Serta perunggu disumbangkan atlet tarung derajat dan panahan masing-masing dua medali. Serta gulat, kempo, terjun payung, tinju, dan drum band masing-masing satu medali perunggu,
    
Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abu Bakar mengatakan bonus diberikan berupa uang Rp250 juta untuk peraih medali emas perorangan dan Rp300 juta untuk peraih emas beregu. Peraih medali emas juga mendapat satu unit sepeda motor.

"Sedangkan peraih medali perak mendapat Rp60 juta untuk perorangan dan Rp100 juta untuk beregu. Dan perunggu mendapat Rp30 juta untuk perorangan dan beregu Rp40 juta," kata Kamaruddin Abu Bakar
    
Selain itu, kata dia, bonus juga diberikan kepada peraih medali untuk cabang olahraga eksibisi. Aceh untuk cabang olahraga ekshibisi meraih dua perak dan empat perunggu. Cabang ekshibisi peraih medali tersebut yakni muaythai, arung jeram, barongsai, dan youngmodo
    
"KONI Aceh mengucapkan terima kasih kepada atlet, pelatih, ofisial dan pengurus cabang olahraga yang telah berjuang, sehingga menoreh prestasi terbaik. Kepada atlet yang belum meraih medali untuk terus berlatih, sehingga meraih prestasi terbaik di masa mendatang," kata Kamaruddin Abu Bakar.

Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf menyatakan masyarakat dan Pemerintah Aceh ucapkan terima kasih kepada atlet, ofisial, dan pelatih, serta pengurus provinsi (pengprov) yang telah berjuang dan bekerja keras, sehingga Aceh meraih prestasi terbaik.

Prestasi di PON ini meningkat lebih baik dibanding PON sebelumnya. Ke depan diharapkan, prestasi atlet Aceh terus meningkat dan mampu mengukir sejarah.

"PON empat tahun mendatang di Papua harus lebih baik lagi. Dan Pemerintah Aceh akan menyediakan sarana dan prasarana olahraga yang memadai," ungkap Muzakir Manaf.


Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016