Sejumlah ruas jalan di Kota Banda Aceh kembali digenangi air akibat hujan deras yang mengguyur ibu kota provinsi Aceh itu sejak siang tadi atau sekitar pukul 14.00 WIB hingga malam hari. 

"Kami terus melakukan penanganan sehingga genangan air segera dapat teratasi ke saluran dengan melibatkan instansi terkait," kata Kepala BPBD Kota Banda Aceh Rizal Abdillah, di Banda Aceh, Selasa.

Rizal menyampaikan, berdasarkan pantauan petugas di lapangan, untuk ruas jalan yang mengalami genangan air tersebut diantaranya di kawasan jalan KH Ahmad Dahlan, Rawa Sakti Peuniti, jalan Prof A Majid Ibrahim atau depan SMAN 1 Banda Aceh.

Namun, kata Rizal, kondisi ini belum terlalu tertekan, apalagi kondisi air sungai di wilayah tersebut juga masih dalam kondisi aman. Rizal Abdillah, di Banda Aceh, Selasa.

Rizal menyampaikan, berdasarkan hasil pemantauan petugas di lapangan, untuk ruas jalan yang mengalami genangan air tersebut diantaranya di kawasan jalan KH Ahmad Dahlan, Rawa Sakti Peuniti, jalan Prof A Majid Ibrahim atau depan SMAN 1 Banda Aceh.

Rizal, kondisi ini belum terlalu mengkhawatirkan, apalagi kondisi air sungai di wilayah tersebut juga masih dalam kondisi aman. 

“Jadi berdasarkan pemantauan dan laporan dari para Camat juga belum ada yang dikuatkan,” ujarnya. 

Meski demikian, Rizal juga mengingatkan masyarakat Banda Aceh untuk dapat menyimpan barang berharga serta dokumen penting di tempat yang lebih tinggi atau yang tidak akan terkena banjir.

 “Tetap waspada, selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama saluran. Menyimpan surat dan barang berharga pada tempat yang tidak terjangkau oleh banjir. Banyak berzikir dan berdoa, semoga bencana banjir jauh dari Banda Aceh,” kata Rizal Abdillah.

Untuk diketahui, sejak satu pekan terakhir Banda Aceh masih terus mengalami genangan saat hujan dengan intensitas tinggi. Penyebabnya karena banyak saluran di kota tersebut tersumbat sehingga udara tidak mengalir lancar ke drainase. 

Rizal juga mengingatkan masyarakat Banda Aceh untuk dapat menyimpan barang berharga serta dokumen penting pada tempat lebih tinggi atau yang tidak akan terkena banjir. 

Sejauh ini, dalam upaya mengantisipasi tingginya genangan banjir, Pemerintah Banda Aceh telah memasang pompa hingga saluran air baru pada sejumlah titik yang dinilai rawan terjadinya genangan banjir.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023