Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) melaksanakan operasi pasar sebagai upaya menekan laju inflasi atau kenaikan harga kebutuhan pokok di ibu kota Provinsi Aceh itu.

"Operasi pasar kali ini dilaksanakan dalam bentuk pasar murah khusus diperuntukkan untuk masyarakat Banda Aceh," kata Kepala Diskopukmdag M Nurdin, di Banda Aceh, Kamis.

Operasi pasar tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, serta Perum Bulog Aceh.

Digelar selama lima hari berturut-turut pada lima lokasi di Banda Aceh mulai dari 6-10 Februari 2023 untuk masyarakat Banda Aceh.

Adapun titik lokasi operasi pasar tersebut yakni pada Senin 6 Februari di Taman Bustanussalatin (Taman Sari), kemudian Selasa 7 Februari di Masjid Baitussalihin Ulee Kareng, dan Rabu 8 Februari di Kantor Metrologi Gampong Mulia.

Kemudian, pada Kamis 9 Februari di Masjid Bani Salim Lampaseh Kota, dan Jumat 10 Februari di Kantor Perindustrian dan Perdagangan Aceh di Kuta Alam.

"Pasar murah tanggap inflasi itu diperuntukkan bagi masyarakat kota dengan syarat wajib ber-KTP Banda Aceh," ujar Nurdin.

Dalam operasi pasar ini, kata M Nurdin, pemerintah menyediakan sebanyak 20.000 kilogram (kg) beras, 7.800 liter minyak goreng, dan 2.000 lempeng telur untuk kebutuhan lima hari.

Adapun total nilai subsidi yang diberikan sebesar Rp159 juta yang bersumber dari dokumen pelaksana anggaran (DPA) Dinas Perindag Aceh.

Kata Nurdin, saat berbelanja masyarakat akan mendapatkan barang pokok dengan harga tebus yang lebih murah dari pasar karena telah disubsidi oleh pemerintah.

"Beras telah disubsidi sebesar Rp50 ribu/sak untuk ukuran 10kg. Minyak goreng disubsidi sebesar Rp10 ribu untuk 2 liter dan telur disubsidi Rp10 ribu per lempeng (30 butir)," katanya. 

Untuk diketahui, pelaksanaan operasi pasar ini sebagai tindak lanjut dari hasil inspeksi Forkopimda Banda Aceh ke sejumlah pasar tradisional di kota setempat. Ditemukan banyak kebutuhan rumah tangga mengalami kenaikan.

Atas dasar hasil inspeksi tersebut kemudian Pemerintah Banda Aceh melaksanakan pasar murah sebagai salah satu bagian dari ikhtiar menekan laju inflasi di ibu kota provinsi Aceh itu.

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023