Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh M Daud Pakeh membuka secara resmi Pencanangan Budaya Nasional Menulis Mushaf Alquran di pusatkan di Dayah Jeumala Amal Lueng Putu, Kabupaten Pidie Jaya, Rabu.

"Kegiatan ini bertujuan membudayakan masyarakat Indonesia untuk menulis, mempelajari, memahami, mengkaji dan mengamalkan nilai-nilai Alquran sebagai solusi dari ikhtiar Kementerian Agama dalam membangun karakter masyarakat Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan dayah/pondok pesantren merupakan salah satu Lembaga pendidikan tertua dan telah banyak memberikan kontribusi untuk negeri di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"Hari ini, banyak Alumni Pondok Pesantren atau santri yang menjadi tokoh di tingkat nasional maupun di tingkat provinsi dan kabupaten/kota," katanya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut santri di provinsi tersebut tidak hanya mampu membaca Alquran, tetapi juga mampu menulis, menghafal, mengkaji dan mengamalkan alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag Aceh H Abrar Zym mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh 604 santri yang berasal dari Dayah Jeumala Amal Kabupaten Pidie Jaya.

"Pesantren ini merupakan pilihan untuk dilaksanakan kegiatan ini karena pada saat Pospeda Tk Provinsi Aceh, Kabupaten Pidie Jaya menjadi juara umum dan santri DJA sendiri memboyong 11 juara yang akan diberangkat ke Banten sebagai peserta yang mewakili Provinsi Aceh," katanya.

Kegiatan penulisan Mushaf Alquran tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang digelar Kemenag dalam rangka peringatan Hari Santri Tahun 2016.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016