Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Jaya mencatat sejak tiga tahun terakhir angka kelahiran bayi di kabupaten tersebut mencapai seribu anak lebih setiap tahun.
"Angka kelahiran kita capai seribu lebih setiap tahunnya. Ini data sejak tahun 2020 hingga 2022," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Jaya, Saloma di Calang, Sabtu.
Saloma menjelaskan kalau pada tahun 2020 angka kelahiran bayi di Aceh Jaya sebanyak 1.099 anak, 2021 sebanyak 1.072 anak sementara 2022 bisa melebihi dari dua tahun sebelumnya.
“Prediksi kami pada tahun 2022 lalu juga mencapai 1.100 lebih karena itu tercatat melalui Program inovasi Dokumen Kependudukan Puskesmas Online (Dompol) dan Program Inovasi Lahir Bayi Akta Kelahiran Jadi (Laba) di RSUD Teuku Umar,” katanya.
Pihaknya saat ini terus berinovasi dengan bekerjasama dengan semua pihak dalam hal catatan kependudukan baik itu akte kelahiran, KTP dan dokumen kependudukan lainnya.
“Saat ini kita juga sedang bekerja sama dengan pihak KUA di Aceh Jaya agar semua pengantin yang menikah nantinya bisa langsung membawa Kartu Keluarga dan juga KTP baru,” kata Saloma.
Ia menyebutkan jumlah penduduk di Aceh Jaya sebanyak 97.124 jiwa terdiri dari laki-laki Aceh Jaya saat ini sebanyak 49.137 jiwa dan perempuan sebanyak 47.987 jiwa.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023