Gadget atau gawai adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.

Di mana dalam penggunaanya perlu dibatasi kepada anak-anak, mengapa? karena apabila tidak dikontrol penggunaanya oleh orang tua secara seksama maka akan memberikan dampak negatif dalam perkembangan anak.

“Generasi penerus bangsa harus dididik tanpa ketergantungan gadget mengingat banyaknya penyimpangan yang terjadi berawal dari minimnya pantauan orang tua, saat anak-anak menggunakan gadget,” kata Profesional Konselor Hetti Zuliani di Banda Aceh, Rabu. 

Di sel-sela menjadi narasumber dalam kegiatan Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Aceh rapat konsultasi daerah (Rakonda) yang dihadiri seluruh anggota Tim Penggerak PKK 23 Kabupaten/Kota se-Aceh di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Ia menjelaskan menjaga anak dari lingkungan negatif sangat perlu dilakukan agar mereka tetap terjaga dan tidak terjerumus dalam kegiatan yang dilarang dalam agama.

Menurut dia pengaruh lingkungan juga berefek ke perilaku anak dalam berkomunikasi yang tidak jujur atau tertutup dan menjauhi keluarganya sendiri akibat dari pengaruh konten-konten media sosial yang tidak memiliki nilai edukasi penting kepada anak.

Ia juga menyelipkan tips harmonis dalam berumah tangga yaitu dengan memelihara hubungan dan komunikasi yang bagus, serta dibutuhkan pengetahuan yang terfokus pada rasa pengertian, menghargai dan mempertahankan komitmen tujuan bersama dalam pernikahan itu sendiri. 

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten 1 Setda Aceh M. Jafar, Ketua TP PKK Aceh Ayu Candra Febiola Nazuar dan di hadiri Ketua TP PKK kabupaten/kota se Aceh serta pengurus organisasi tersebut.

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023