Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar didampingi Wakapolda Brigjen Pol Syamsul Bahri mengecek kondisi helikopter untuk memastikan kelaikan operasional alat transportasi udara tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto di Banda Aceh, Senin, mengatakan pengecekan helikopter dilakukan kedua pimpinan kepolisian di Provinsi Aceh tersebut di hanggar di kompleksnya Mapolda Aceh di Banda Aceh.

"Pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan kelaikan helikopter yang digunakan jajaran Polda Aceh," kata Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto di Banda Aceh, Senin.

Baca juga: Tim gabungan terkendala cuaca evakuasi korban helikoter jatuh

Perwira menengah Polda Aceh itu mengatakan helikopter tersebut digunakan sebagai transportasi udara saat berdinas dalam situasi dan ke lokasi tertentu. Di antaranya digunakan untuk pemantauan udara terkait tambang ilegal dan penebangan hutan tanpa izin.

Joko Krisdiyanto mengatakan saat pengecekan tersebut Kapolda Aceh juga memberi pengarahan kepada kru helikopter untuk merawat secara rutin serta memastikan kelaikan terbang guna mencegah terjadinya gangguan saat dioperasikan

"Kapolda ingin memastikan kelaikan helikopter bila sewaktu-waktu digunakan untuk kepentingan dinas. Hal ini juga untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat," kata  Joko Krisdiyanto.

Selain untuk memastikan kelaikan, kata Joko Krisdiyanto, pengecekan tersebut juga sebagai bentuk pengawasan melekat atau yang rutin dilakukan pimpinan kepolisian untuk meminimalisir kemungkinan yang tidak diinginkan saat helikopter diterbangkan.

"Pengecekan ini juga bagian pengawasan melekat Kapolda Aceh terhadap inventaris dinas strategis yang dimiliki Polda Aceh," kata Joko Krisdiyanto yang juga mantan Kapolresta Banda Aceh itu.

Baca juga: Tim evakuasi tiba di lokasi jatuh helikopter di Jambi
Baca juga: Tim SAR sudah berada di lokasi kecelakaan helikopter kapolda

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023