Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menerima enam apresiasi sekaligus atas capaian kinerja pada Program Bangga Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

“Program ini bertujuan mewujudkan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta fokus mewujudkan keluarga berkualitas,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, Nur Afni di Banda Aceh, Selasa.

Menurut Nur Afni piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh pihak BKKBN Provinsi Aceh di sela-sela acara rapat kerja daerah program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting Aceh tahun 2023.

"Program Bangga Kencana yang merupakan akronim dari pembangunan keluarga , kependudukan dan keluarga berencana menjadi salah satu program unggulan dari BKKBN," katanya.

Ia mengatakan salah satu fokus dari program itu yakni penurunan angka stunting yang juga menjadi program strategis nasional yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia.

Ia mengatakan, setiap tahun perwakilan BKKBN Provinsi Aceh memberikan apresiasi terhadap capaian kinerja program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Sementara untuk Abdya sendiri apresiasi diberikan terhadap beberapa capaian indikator kinerja antara lain pada kegiatan  pergerakan pelayanan KB, kegiatan pada kelompok kegiatan (BKB, BKR, BKL, PIK-R, UPPKA dan Forum Genre), dan kegiatan percepatan penurunan stunting.

"Penilaian ini dilakukan berdasarkan laporan di aplikasi New Siga yang dilakukan oleh PKB/PLKB sebagai ujung tombak pelaksanaan program Bangga Kencana di lapangan dan OPD KB melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaporan tersebut," katanya.

Ia juga menjelaskan pada tahun 2021, Kabupaten Abdya memperoleh satu apresiasi capaian kinerja program bangga kencana. Sedangkan tahun anggaran 2022 meningkat jadi enam apresiasi.

Adapun enam apresiasi diperoleh Kabupaten Abdya pertama, juara II PA/PPM tertinggi. Kedua juara III PB/PPM tertinggi. Ketiga juara III Unmedneed terendah. Empat forum genre terbaik. Lima juara III PIK-R teraktif (MAN Almunawarah Blangpidie), dan keenam juara III BKL teraktif.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023