Anggota DPR Aceh Hendri Yono meminta status ruas jalan Trumon-Kuala Baru-Singkil-Telaga Bakti ditingkatkan dari jalan provinsi menjadi jalan nasional, sehingga perawatannya lebih maksimal dan terarah.

"Naiknya status ruas jalan tersebut akan berdampak pada pembangunan di Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Aceh Singkil," kata Hendri Yono di Aceh Selatan, Rabu.

Menurut Hendri Yono, peningkatan status jalan tersebut menyikapi tuntutan masyarakat. Tujuan peningkatan tersebut untuk memudahkan pemeliharaan, baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Selama ini, kata Hendri Yono, perawatan ruas jalan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA). Ada beberapa titik di ruas jalan tersebut butuh pembangunan jembatan.

Saat ini, pemerintah provinsi tidak mempunyai dana cukup untuk pembangunan jembatan di ruas jalan tersebut, sehingga dibutuhkan anggaran dari pemerintah pusat.

Dengan ditingkatkannya status ruas jalan menjadi jalan nasional, maka pembangunan dan perawatannya dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Kami berharap peningkatan status dari jalan provinsi ke jalan nasional bisa dilakukan, mengingat banyaknya pembangunan yang belum terselesaikan," kata Hendri Yono.
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023