Satu unit rumah berkonstruksi kayu ludes dilalap si jago merah saat ditinggal pemiliknya di Dusun Lhok Pu Gampong Pulo Mesjid 1 Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie ludes terbakar.

Keuchik Gampong Pulo Mesjid 1 Hussaini Minggu di Sigli mengatakan, kejadian itu terjadi pagi sekitar pukul 03.00 WIB saat pemilik sedang tidak di rumah.

“Pemilik rumah bernama M Jafar (63) yang merupakan petani dan tidak berada di lokasi saat api melahap rumahnya,” kata Hussaini.

Ia menambahkan, saat kejadian Jafar menginap di kebun untuk menjaga pohon durian milik warga yang diupahkan kepadanya.

Pemilik mengetahui kejadian itu dari warga yang melaporkan ke tempat dirinya bermalam. 

“Jarak antara rumah warga dengan kebun itu diperkirakan 500 meter.

Kita belum bisa memastikan api tersebut berasal dari mana, karena sehari sebelum ditinggal rumah sudah dicek semuanya dalam posisi aman,” katanya. 

Rumah berkonstruksi kayu yang terletak di kaki gunung tepatnya di Lhok Pu itu, saat terjadi kebakaran pertama dilihat oleh tetangga dengan kondisi api sudah mulai membumbung ke atap rumah.

“Api tidak mampu dipadamkan sehingga rumah berukuran 8x9 meter dan seluruh isinya habis terbakar,” ujarnya. 

Menurutnya, korban di wilayahnya termasuk warga miskin dan rumah itu sebelumnya di bangun dengan dana desa pada tahun 2021.

“Kita belum bisa memastikan kerugiannya, kini korban dan sekeluarga menginap di rumah desa yang kosong dan ada beberapa bantuan yang telah diserahkan sehingga dapat membantu meringankan,” katanya.

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023